Studi Kualitatif Manajemen Komunikasi pada Jogja Istimewa Televisi dalam Meningkatkan Televisi Internet

Putri, Kezia Atika (2022) Studi Kualitatif Manajemen Komunikasi pada Jogja Istimewa Televisi dalam Meningkatkan Televisi Internet. Studi Kualitatif Manajemen Komunikasi pada Jogja Istimewa Televisi dalam Meningkatkan Televisi Internet. pp. 1-12.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI KEZIA ATIKA PUTRI -18071150.docx

Download (46kB)

Abstract

Hadirnya televisi yang berbasis internet menjadi pilihan berbagai kalangan masyarakat pada saat ini karena dinilai mempunyai efektivitas yang tinggi. Para penonton televisi yang berbasis internet lebih cenderung pada audien yang memiliki kesibukan tinggi pada kesehariannya hal ini ditunjukan dengan beberapa golongan anak muda yang tidak sempat menonton televisi karena kesibukan dan kehidupan sosialnya. Televisi yang berbasis internet menawarkan beberapa konten-konten yang terkonsep, tidak statis dan dapat diakses kapan saja selagi terkoneksi dengan internet. Seperti salah satu media penyiaran yang akan di teliti dalam penelitian ini yaitu pada Jogja Istimewa Televisi. Jogja Istimewa Televisi merupakan salah satu stasiun televisi streaming lokal yang memanfaatkan media online berbasis website sebagai sarana media informasi dan sarana penyebaran informasi pemerintah. Jogja Istimewa Televisi atau yang lebih di kenal JI Tv. Media tersebut menjadikan media online berbasis televisi streaming sebagai sarana menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan segala informasi di lingkungan pemda DIY, Pariwisata, Kebudayaan, Kesenian dan yang lainnya untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat khususnya masyarakat DIY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori manajemen komunikasi dengan indikator seperti planning (perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (menggerakkan). Controlling (Pengawasan). Metode pengumpulan data dilaukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Sementara proses analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini dengan melalui tahap POAC dapat disimpulkan bahwa Jogja Istimewa Televisi sudah menerapkan fungsi POAC dan menjalankan fungsi tersebut manajemen komunikasi didalam manajerial instansi, produksi konten dan juga pendistribusian konten yang ada, Jogja Istimewa Televisi sudah melakukan, menjalankan dan menerapkan POAC dilingkungan kerja dengan menerapkan POAC dalam setiap kegiatan yang ada memudahkan Jogja Istimewa Televisi untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh instansi

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Manajemen Komunikasi, JITV, Televisi Internet
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 Feb 2023 02:31
Last Modified: 11 Feb 2023 02:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17732

Actions (login required)

View Item
View Item