Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Terkait Kritik Sosial Pada Boeing Melalui Film Dokumenter Downfall : The Case Against Boeing Tahun 2022

Rahmadi, R. Nooralim Naim Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Terkait Kritik Sosial Pada Boeing Melalui Film Dokumenter Downfall : The Case Against Boeing Tahun 2022. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI FULL.doc

Download (6MB)

Abstract

Film merupakan salah satu bentuk komunikasi massa yang memiliki banyak peminatnya dari segala kalangan usia. Film dinilai mampu menjadi alat media komunikasi massa dikarenakan dapat memberikan pesan, informasi, dan makna berupa audio visual. Salah satunya merupakan tentang permasalahan sosial atau kritik sosial yang terjadi dan diangkat berdasarkan kisah nyata. Dalam film tersebut akan membentuk sebuah wacana kritis yang menjadi acuan permasalahan kritik sosial yang ingin disampaikan dalam sebuah alur film serta menguak fakta yang sebenarnya terjadi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan melakukan observasi pada film dokumenter Downfall : The Case Against Boeing menggunakan Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Selain itu penelitian kali ini menerapkan studi deskriptif pada sebuah objek penelitian yang sedang diamati. Penelitian ini akan menganalisis berupa teks atau narasi film, praktik wacana, serta sosialkultural pada objek penelitian. Dari penelitian ini akan dijabarkan bagaimana film Downfall : The Case Against menyampaikan wacana kritis kepada Boeing terkait kritik sosial yang terjadi. Tujuan penelitian kali ini untuk mengetahui wacana kritis dan kritis sosial yang terjadi kepada Boeing dalam film tersebut.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Film, Wacana Kritis, Boeing, Kritik Sosial, Komunikasi Massa
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 Feb 2023 03:17
Last Modified: 11 Feb 2023 03:17
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17782

Actions (login required)

View Item
View Item