Anggraeni, Dwinta Sari (2022) PENGARUH BRAND AMBASSADOR NCT DREAM TERHADAP BRAND AWARENESS LEMONILO. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak.pdf
Download (153kB)
BAB I.pdf
Download (946kB)
BAB V.pdf
Download (324kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (486kB)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Naskah Publikasi.docx
Download (455kB)
Abstract
Indonesia tercatat sebagai negara tertinggi kedua di dunia dalam mengonsumsi mi instan
setelah China. Kebiasaan tersebut nyatanya berdampak buruk bagi kesehatan jika
dilakukan terus-menerus. Lemonilo menjadi salah satu brand yang bersaing diantara
melimpahnya produk mi instan di pasaran. Bedanya, Lemonilo hadir menawarkan aneka
makanan sehat alami tanpa 3P (pengawet, pewarna sintetis, dan penguat rasa). Meskipun
diklaim menjadi mi instan sehat tidak sertamerta banyak digandrungi pecinta mi.
Sehingga tetap diperlukan kesadaran merek yang kuat untuk dapat terus bersaing.
Memanfaatkan korean wave yang tengah naik daun, Lemonilo berhasil menggandeng
NCT Dream sebagai brand ambassador mereka. Maka penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh brand ambassador NCT Dream terhadap brand
awareness Lemonilo menggunkan metode kuantitatif korelasional. Adapun teknik
sampel yang dipakai ialah disproportionate statified random sampling dengan batasan
masyarakat Kabupaten Sleman berusia 17-35 tahun dan pernah atau mengetahui iklan
kolaborasi Lemonilo x NCT Dream. Data didapatkan dari penyebaran angket kuesioner
yang berpedoman pada teori VisCAP brand ambassador milik Royan dan teori brand
awareness Aaker. Kemudian diolah dalam rumus regresi linear sederhana melalui
aplikasi SPSS. Hingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
brand ambassador NCT Dream terhadap brand awareness Lemonilo. Dengan ringkasan
indikator credibility 58%, visibility 55%, attraction 52%, dan 46% pada indikator power.
Selanjutnya pada variabel brand awareness indikator tertinggi ada pada brand
regocnation 51% kategori sangat tinggi, lalu brand recall 69% dan top of mind 42% pada
kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand ambassador, kesadaran merek, Lemonilo, mi instan, NCT Dream. |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 08:41 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 08:41 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17807 |