Siagian, Cindi Rikegillia (2022) PENGARUH IDOL KOREA SEBAGAI BRAND AMBASSADOR SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak (1).pdf
Download (9kB)
BAB I.pdf
Download (482kB)
BAB V.pdf
Download (240kB)
Daftar Pustaka (1).pdf
Download (137kB)
Skripsi Cindy S_18071278.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Naskah Publikasi.docx
Download (2MB)
Abstract
Teknologi internet dimanfaatkan sebagai suatu alat untuk memasarkan serta mempromosikan suatu barang dan jasa, saat ini teknologi tersebut dikenal dengan e-commerce. Salah satu e-commerce yang sat ini banyak digunakan adalah Shopee, Shopee telah mencatat 12 juta lebih transaksi di tujuh negara dengan kunjungan sebanyak 48 juta kali pada platform Shopee. Rekor ini diraih Shopee karena telah menggunakan strategi pemasaran dengan menggunakan brand ambassador dari Korea Selatan yaitu Blackpink. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh dari idol Korea sebagai brand ambassador Shopee, dengan melihat ada tindakan keputusan untuk melakukan pembelian produk Shopee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk memperoleh data statistik yang valid, guna mengukur dan mengetahui keterkaitan terhadap variabel yang diteliti, dengan menyebarkan formulir melalui google form sebagai cara untuk menganalisis data, pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus Solvin. Pada variabel brand ambassador penelitian ini menggunakan teori yang di kemukakan oleh Royan (2004) yang memiliki 3 indikator yaitu 1.) Attractiveness, 2.) Trustworthiness, dan 3.) Expertise. Kemudian pada variabel Keputusan Pembelian menggunkan Teori AIDA yang di kemukakan oleh Kotler dan Susanto (1999). Setelah dilakukan penelitian dan analisis data, maka diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan begitu idol Korea sebagai brand ambassador Shopee berpengaruh positf terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 08:42 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 08:42 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17818 |