PENGARUH IDOL KOREA SEBAGAI BRAND AMBASSADOR SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Siagian, Cindi Rikegillia (2022) PENGARUH IDOL KOREA SEBAGAI BRAND AMBASSADOR SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak (1).pdf

Download (9kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (137kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Skripsi Cindy S_18071278.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (2MB)

Abstract

Teknologi internet dimanfaatkan sebagai suatu alat untuk memasarkan serta mempromosikan suatu barang dan jasa, saat ini teknologi tersebut dikenal dengan e-commerce. Salah satu e-commerce yang sat ini banyak digunakan adalah Shopee, Shopee telah mencatat 12 juta lebih transaksi di tujuh negara dengan kunjungan sebanyak 48 juta kali pada platform Shopee. Rekor ini diraih Shopee karena telah menggunakan strategi pemasaran dengan menggunakan brand ambassador dari Korea Selatan yaitu Blackpink. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh dari idol Korea sebagai brand ambassador Shopee, dengan melihat ada tindakan keputusan untuk melakukan pembelian produk Shopee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk memperoleh data statistik yang valid, guna mengukur dan mengetahui keterkaitan terhadap variabel yang diteliti, dengan menyebarkan formulir melalui google form sebagai cara untuk menganalisis data, pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus Solvin. Pada variabel brand ambassador penelitian ini menggunakan teori yang di kemukakan oleh Royan (2004) yang memiliki 3 indikator yaitu 1.) Attractiveness, 2.) Trustworthiness, dan 3.) Expertise. Kemudian pada variabel Keputusan Pembelian menggunkan Teori AIDA yang di kemukakan oleh Kotler dan Susanto (1999). Setelah dilakukan penelitian dan analisis data, maka diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan begitu idol Korea sebagai brand ambassador Shopee berpengaruh positf terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 17 Dec 2024 08:42
Last Modified: 17 Dec 2024 08:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17818

Actions (login required)

View Item
View Item