Manajemen Konflik Dalam Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Suporter Bola Chelsea Fc (Studi Deskriptif Kualitatif Chelsea Indonesia Supporters Club (Cisc) Regional Jogja)

Utama, Endika Riz Manajemen Konflik Dalam Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Suporter Bola Chelsea Fc (Studi Deskriptif Kualitatif Chelsea Indonesia Supporters Club (Cisc) Regional Jogja). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (23kB)

Abstract

Dalam sebuah komunitas tidak terlepas dari yang namanya konflik. Begitu juga dengan komunitas CISC Jogja. Komunitas pecinta klub bola ini merupakan komunitas yang terstruktur yang memiliki jabatan dan tanggung jawab masing-masing pada setiap anggotanya. Konflik yang terjadi di CISC Jogja rata-rata disebabkan karena salah paham antar anggota dan tidak bertanggung dengan jobdesknya masing-masing. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mnegetahui gaya manajemen konflik yang ada dalam komunitas CISC Jogja. Jenis penelitian yang dilaksanakan peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan observasi yang dilakukan kepada para anggota komunitas. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori gaya manajemen konflik menurut Peg Pickering. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu terdapat tiga gaya manajemen konflik pada CISC Jogja antara lain : kolaborasi yang menyelesaikan konflik dengan cara mengambil titik tengah dari permasalahan yang ada. Gaya kedua yaitu mengikuti kemauan orang lainuntuk mempersilahkan anggota komunitas lainnya yang menyelesaikan konflik yang ada. Terakhir yaitu kompromi yang didalamnya terdapat keahlian untuk melakukan negosiasi atau tawar menawar.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Komunitas, konflik, gaya manajemen konflik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 14 Feb 2023 08:35
Last Modified: 14 Feb 2023 08:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17902

Actions (login required)

View Item
View Item