Etika Komunikasi Netizen Pada Konten Media Sosial Instagram Lambe Turah Official Periode 2022 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Media Sosial Instagram @Lambeturah_Official Melalui Pendekatan Etika Komunikasi)

Nafia, Mukhamad Ilman Etika Komunikasi Netizen Pada Konten Media Sosial Instagram Lambe Turah Official Periode 2022 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Media Sosial Instagram @Lambeturah_Official Melalui Pendekatan Etika Komunikasi). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (42kB)

Abstract

Perkembangan teknologi pada era modern saat ini menimbulkan beberapa kemajuan teknologi baru seperti halnya internet yang menjadi kebutuhan pokok manusia pada saat ini. Seperti penggunaan media sosial yang dianggap menjadi hak wajib pada setiap individu. Seperti penggunaan media sosial Instagram yang kian marak digunakan pada saat ini. Ada 82.320.000 pengguna Instagram di Indonesia pada Januari 2021, yang menyumbang 29,9% dari seluruh populasinya. Akan tetapi penggunaan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi juga harus memperhatikan unsur etika agar tidak terjadi kerugian bagi pihak-pihak tertentu dan berujung pada tindakan hukum pelanggaran di internet yang dikenal dengan istilah Netiquette. Namun sayang, jejaring internet yang tanpa batasan, didukung dengan berbagai macam kebebasan, seperti freedom of Speech atau freedom of opinion, disalah artikan dengan tercerminya perilaku netizen ynag buruk dalam berkomentar dan berinteraksi. Etika hadir sebagai teori yang membatasi, kebebasan berbicara bukanlah suatu kebebasan yang mutlak, namun tetap berpegang teguh kepada etika Komunikasi.
Subjek penelitian ini adalah netizen yang berkomentar di postingan instagram akun @lambeturah_official periode 2022. Media sosial instagram. Dalam pengumpulan data secara online, peneliti menggunakan beberapa informan dimana informan tersebutlah yang memegang atau mengetahui sepenuhnya mengenai akun instagram tersebut. Proses pengumpulan data sendiri terdapat beberapa tenik yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil dari penelitian ini dibagi menjadi beberapa indicator sesuai dengan indikator penelitian yang terdapat pada kerangka konsep yaitu komentar netizen pada unggahan yang terdapat pada akun @lambeturah_official.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Instagram, Etika Komunikasi, Netizen
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:20
Last Modified: 16 Feb 2023 02:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17958

Actions (login required)

View Item
View Item