Skripsi Aplikatif Karya Film Dokumenter Berjudul “Srikandi Keris Surakarta” (Studi Deskriptif Kualitatff Sudut Pandang Kesetaraan Gender Bagi Pembuat Keris Perempuan Di Surakarta

Hernando, Brian Fazri Skripsi Aplikatif Karya Film Dokumenter Berjudul “Srikandi Keris Surakarta” (Studi Deskriptif Kualitatff Sudut Pandang Kesetaraan Gender Bagi Pembuat Keris Perempuan Di Surakarta. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Brian Fazri Hernando.docx

Download (63kB)

Abstract

Keris dianggap sebagai pusaka yang melambangkan kewibawaan dan kehormatan seorang pria. Dalam budaya patriarki, keris identik dengan dunia laki-laki. Keris pusaka hanya diberikan kepada anak laki-laki tertua dalam keluarga. Apabila semua anaknya perempuan, maka keris pusaka akan diwariskan kepada menantu lakilaki. Dengan demikian, wanita tidak diperbolehkan memiliki keris atau pun terlibat dalam pembuatan keris. Akan tetapi, kondisi tersebut menujukkan hal yang berbeda di Sumenep, Madura. Masyarakat di sana memperbolehkan wanita untuk membantu kaum pria dalam proses pembuatan keris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pemberdayaan wanita dalam pembuatan keris. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi sejarah, sosial-budaya, dan ekonomi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wanita di Sumenep terlibat dalam pembuatan perlengkapan keris seperti warangka dan handle serta bilah keris. Selain proses pembuatan keris, para wanita juga dipercaya untuk mengelola keuangan hasil penjualan keris.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Keris, Kesetaraan Gender
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 17 Feb 2023 06:35
Last Modified: 17 Feb 2023 06:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17989

Actions (login required)

View Item
View Item