Analisis Konten Media Sosial Twitter @BCSxPSS_1976 Dalam Mempertahankan Loyalitas Anggota

Urpayana, Windu Deska Analisis Konten Media Sosial Twitter @BCSxPSS_1976 Dalam Mempertahankan Loyalitas Anggota. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Windu.docx

Download (1MB)

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, komunikasi melalui media digital menjadi sangat mudah. Salah satu media sosial yang paling populer digunakan saat ini adalah twitter. Pengguna twitter di Indonesia sendiri masuk dalam peringkat 5 besar dunia dibawah Brazil, India, Jepang dan AS. Dengan hadirnya twitter membuat kemudahan dalam mendapatkan segala informasi dalam berbagai aspek sosial maupun budaya tidak terkecuali dalam aspek dunia sepakbola khususnya dunia suporter. Indonesia dikenal dengan suporter sepakbola yang sangat fanatik dan loyal terhadap klub yang mereka dukung, dengan loyalitas suporter yang berada di Indonesia yang membuat salah satu faktor pemain dari luar negeri sangat antusias bermain di Indonesia, dengan atmosfer stadion yang begitu meriah dan gila yang mereka tidak dapatkan sebelumnya. Salah satunya adalah Brigata Curva Sud atau yang lebih di kenal dengan sebutan BCS, suporter dari klub Pss Sleman yang berada di Kabupaten Sleman Provinsi DIY juga sangat dikenal sangat loyal terhadap klub Pss Sleman. Berdasarkan penjelasan diatas peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana konten akun media sosial twitter @BCSxPSS_1976 dalam mempertahankan loyalitas anggotanya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana konten dari akun media sosial twitter @BCSxPSS_1976 dalam mempertahankan loyalitas anggotanya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori analisis isi yang dihubungkan dengan teori loyalitas dengan ciri-ciri seperti taat pada peraturan,tanggung jawab pada organisasi,kemauan untuk bekerjasama dan rasa memiliki. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara proses analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa media sosial twitter @BCSxPSS_1976 dapat mempertahankan loyalitas anggotanya,hal ini dapat dibuktikan ketika anggota dapat menaati peratura/manifesto yang yang ada pada BCS seperti selalu membeli tiket pertandingan sebelum menonton pertandingan.Konten yang di tweet oleh @BCSxPSS_1976 juga dapat menjadikan anggotanya mempunyai rasa tanggung jawab pada organisasi dengan melalui forum,karena didalam forum tersebut segala bentuk keputusan adalah tanggung jawab seluruh anggota karena di dalam organisasi BCS,forum adalah keputusan tertinggi.Dengan media sosial twitter @BCSxPSS_1976 juga dapat membuat anggotanya memiliki kemauan untuk bekerjasama dengan baik agar tidak merugikan diri sendiri,organisasi,dan PSS Sleman dengan begitu hubungan antara BCS dengan PSS Sleman tidak bisa dipisahkan,karena sebagai suporter BCS mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap organisasi dan PSS Sleman.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Isi/Konten, Twitter, Brigata Curva Sud, Loyalitas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:48
Last Modified: 27 Feb 2023 03:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18055

Actions (login required)

View Item
View Item