PERANCANGAN LABEL KEMASAN DAN KONTEN KREATIF SEBAGAI MARKETING TOOLS PADA UMKM INTAN RAHMADHANI SNACK KALASAN

Sekali, Oktavita Br Karo (2023) PERANCANGAN LABEL KEMASAN DAN KONTEN KREATIF SEBAGAI MARKETING TOOLS PADA UMKM INTAN RAHMADHANI SNACK KALASAN. Skripsi Aplikatif thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI PENUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia usaha dan persaingan bisnis yang semakin kompetitif
seiring pertumbuhan perekonomian dan teknologi yang semakin pesat dalam era
globalisasi menuntut UMKM untuk bekerja lebih keras untuk meningkatkan
penjualan dan promosi, mengembangkan inovasi dan melakukan perluasan usaha
agar dapat terus bertahan dan bersaing untuk mencapai tujuan. Konsep
perancangan sangat dibutuhkan dalam menciptakan desain yang berkesan kreatif,
inovatif serta mampu menjadi media yang mempromosikan produk.
Proses perancangan melalui tahapan data dengan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
SWOT, kemudian data tersebut dioleh dengan melakukan client brief, yang
dilanjutkan dengan project brief. Tahapan penciptaan label kemasan dan konten
kreatif Instagram dengan proses membuat layout gagasan, layout kasar, layout
lengkap, final desain. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya berupa
perangkat manual pensil, kertas, bolpoin, penghapus dan perangkat berupa laptop,
handphone, dan kamera Canon EOS 60D. Serta perangkat lunak berupa program
grafis Adobe InDesign dan Microsoft Word. Proses finishing dilakukan dengan
sistem digital printing.
Hasil dari perancangan media promosi Keripik produksi dari UMKM
Intan Rahmadhani Snack Kalasan berupa label kemasan, Thankyou Card,
Shopping Bag, dan juga konten kreatif Instagram. Konsep karya yang digunakan
adalah minimalis dan abstrak dengan warna-warna yang identik dengan kesan
kealamian, kesegaran. Target audience perancangan Label Kemasan dan konten
kreatif Instagram ini adalah remaja hingga dewasa baik audience offline maupun
online.

Item Type: Thesis (Skripsi Aplikatif)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Perancangan Label Kemasan, Konten Kreatif, Desain Kreatif
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:53
Last Modified: 28 Feb 2023 03:53
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18102

Actions (login required)

View Item
View Item