KOMUNIKASI PERSUASIF BPJS KETENAGAKERJAAN (ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM JKK DAN JKM BAGI PEKERJA BUKAN PENERIMA UPAH DI YOGYAKARTA)

Adzka, Nadia (2022) KOMUNIKASI PERSUASIF BPJS KETENAGAKERJAAN (ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM JKK DAN JKM BAGI PEKERJA BUKAN PENERIMA UPAH DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi Persuasif adalah sebuah komunikasi yang dilakukan untuk
dapat merubah pandangan, perilaku, atau karakter dari seseorang. Komunikasi
persuasif ini digunakan sebagai salah satu sarana sosialisasi mengenai programprogram yang ada pada sebuah instansi. Skripsi ini membahas tentang bagaimana
Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam
mensosialisasikan program JKK dan JKM Bagi Pekerja Bukan Penerima Upah di
Yogyakarta dengan menggunakan model SMCR David Berlo. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif,
dengan Teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan juga
dokumentasi.
Hasil analisa penelitian ini menunjukan bahwa BPJS Ketenagakerjaan
melakukan komunikasi persuasif dengan menggunakan dua proses yaitu proses
rasional dan emosional. Dari segi penggunaan komunikasi persuasif dalam
melakukan sosialisasi program JKK dan JKM pada BPJS Ketenagakerjaan
Yogyakarta dengan menggunakan media iklan luar ruang dan media sosial sudah
efektif dan berjalan dengan baik. Namun penerimaan masyarakat terhadap manfaat
dari program ini dan iuran yang dibayarkanlah yang menjadi sebagai
penghambatnya BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan bagi para
tenaga kerja di sektor BPU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, BPJS Ketenagakerjaan, Media Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:54
Last Modified: 28 Feb 2023 03:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18104

Actions (login required)

View Item
View Item