AN ANALYSIS OF INTONATION PATTERN IN PRE-SERVICE ENGLISH TEACHERS’ TALKS

Anggraini, Desinta Ika (2021) AN ANALYSIS OF INTONATION PATTERN IN PRE-SERVICE ENGLISH TEACHERS’ TALKS. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang pola intonasi yang muncul pada ucapan calon guru
Bahasa Inggris dan meneliti penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini
menggunakan tiga instrumen yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data
yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teori dari Roach (2009), Wells (2006),
Haycraft (1971), dan Software PRAAT. Subjek dalam penelitian ini merupakan
mahasiswa semester 8 yang berada di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu
universitas Yogyakarta. Tiga (3) rekaman audio/video ucapan calon guru Bahasa
Inggris di analisis melalui penyatuan skema, rencana pengambilan sampel,
perekaman/pengkodean, reduksi data, penyimpulan fenomena kontekstual secara
abduktif, dan penjelasan hasil informasi dari data yang telah dikumpulkan. Hasil
penelitian meunjukkan bahwa dua macam pola intonasi terjadi pada calon guru
Bahasa Inggris, yaitu pola intonasi turun/rendah (perintah, pernyataan, interjeksi,
pertanyaan 5W+1H) dan pola intonasi naik/tinggi (pertanyaan ya/tidak, pemeriksaan
pemahaman). Kesalahan paling sering muncul di pertanyaan 5W+1H. Kesalahankesalahan tersebut terjadi disebabkan oleh kendala fisik, ketidakmampuan dalam
memanipulasi nada suara, dan ketidakmampuan dalam menjaga nada suara tetap
stabil. Selain itu, disebabkan juga oleh pengaruh bahasa ibu pada calon guru Bahasa
Inggris. Penelitian ini memberikan informasi tentang kemampuan, kendala, dan
penyebab munculnya kesalahan pada pola intonasi calon guru Bahasa Inggris. Hal ini
juga dapat menjadi acuan bagi calon guru Bahasa Inggris untuk meningkatkan
kemampuan dalam hal pengucapan, terutama intonasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Intonation pattern, Pre-service Teacher, Teacher talk
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pendidikan Bahasa Inggris UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 03:14
Last Modified: 07 Jan 2025 03:14
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18864

Actions (login required)

View Item
View Item