Pengaruh Marketing Public Relation Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta

Prameswari, Oktaviana Pingkan (2023) Pengaruh Marketing Public Relation Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi.docx

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing publik relation terhadap loyalitas pelanggan pada Hotel Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh calon konsumen yang berkunjung (atau pernah berkunjung) ke hotel Merapi Merbabu Yogyakarta dan para pegawai Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen dan pegawai hotel Merapi Merbabu Yogyakarta. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini secara non-probability sampling yaitu dengan menggunakan tenkik sampling incidental. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang diperoleh dari data yang dikumpulkan berdasarkan hasil pengisian kuesioner yang telah dibagikan secara langsung kepada responden. Kuesioner ini digunakan sebagai alat pengumpulan data, yang diukur menggunakan skala pengukuran likert. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji Normalitas, Uji Linear dan Analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Uji analisis regresi sederhana membuktikan bahwa suatu variabel marketing public relations (Variabel X) memiliki pengaruh positif terhadap variabel loyalitas pengunjung (Y) apabila variabel marketing public relations bertambah satu, maka variabel loyalitas pengunjung bertambah sebesar 312. Berdasarkan akumulasi jawaban responden memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap loyalitas pengunjung melalui promosi event/acara yang diadakan oleh Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta. Berdasarkan hipotesis F marketing public relations berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Berdasarkan hasil pengaruh tingkat penelitian terhadap Marketing Public Relations berpengaruh terhadap Loyalitas Pengunjung sebanyak 9,7%. Sisa persen 90,3% dipengaruhi oleh variabel independen lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relation, Loyalitas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:40
Last Modified: 07 Aug 2023 03:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19176

Actions (login required)

View Item
View Item