MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK AGILE

Zamzami, Fuad Rifqi (2021) MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK AGILE. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI - MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK AGILE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[thumbnail of SOURCE CODE] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Fuad Rifqi Zamzami.zip
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)

Abstract

Dampak pandemi, kegiatan masyarakat berubah, salah satunya pada bidang
pendidikan yang dimulai dari cara belajar karena tidak bisa bertatap muka, sehingga
diharuskan belajar online agar pembelajaran dapat dilaksanakan. Siswa Sekolah
Dasar dapat memanfaatkan internet of things, yaitu teknologi mobile untuk dapat
belajar dirumah, sehingga efektifitas dari pembelajaran secara online dapat
ditingkatkan dengan belajar melalui pembelajaran tematik dan media interaktif.
Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran akan lebih mudah melaksanakan
penilaian dan kontrol siswa secara langsung serta akses pembelajaran dan penilaian
dapat dikontrol secara terbuka oleh orang tua dan siswa. Siswa akan lebih aktif dan
kreatif karena dalam proses pembelajaran akan memecahkan masalah sesuai sesuai
potensi dan kecenderungan mereka yang berbeda satu dengan yang lainnya.
Pengembangan ini menggunakan metode pembelajaran tematik dan metode agile
dalam pengembangannya karena sistem dapat menyesuaikan terhadap perubahan
yang ada pada penerimaan peserta didik baru. Berdasarkan hasil pengujian oleh ahli
dan pengguna, didapatkan validasi kelompok penguji rata-rata hasil yang diperoleh
keseluruhan adalah 4,53 sehingga dapat dinterpretasikan bahwa kualitas media
pembelajaran dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase dari fitur autentikasi
(94,00%), beranda (86,00%), pembelajaran (92,00%), nilai (88,00%) dan profil
(97,33%) dengan rata-rata total persentase adalah (90,67%). Dengan demikian
media pembelajaran berbasis tematik layak digunakan dan mendukung proses
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Agile, Android, Interaktif, Pembelajaran Online, Tematik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Teknik Informatika UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 03:58
Last Modified: 07 Jan 2025 03:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19177

Actions (login required)

View Item
View Item