Hapsari, Mariana Dyah Arum Sekar (2023) STAKEHOLDER RELATIONS DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA DALAM UPAYA PENINGKATAN WISATAWAN PASCA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (148kB)
BAB I.pdf
Download (187kB)
BAB V.pdf
Download (116kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (133kB)
SKRIPSI PDF+BOOKMARK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (51kB) | Request a copy
Abstract
Yogyakarta merupakan propinsi yang mempunyai banyak destinasi wisata yang memiliki kesan tersendiri bagi pengunjung atau wisatawan dari berbagai penjuru. Namun sektor wisata baik dunia maupun dalam negeri sekalipun mengalami penurunan yang sangat drastis dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda. Penelitian ini membahas mengenai stakeholder relation Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam meningkatkan wisatawan pasca pandemi Covid-19. Penggunaan metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi ke Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stakeholder relation Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bersinergi satu sama lain dalam upaya meningkatkan wisatawan pasca pandemi yang mana dalam waktu 2 tahun terakhir mengalami penurunan akibat Covid-19. Salah satu stakeholder yaitu PHRI BPD DIY dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bersama-sama melakukan kegiatan promosi, table top dengan menggandeng UMKM untuk menarik kembali wisatawan agar berwisata ke Yogyakarta. . Penerapan dan pembaharuan kembali pariwisata Yogyakarta tidak lepas dari dukungan pemangku kepentingan dan juga tetap mematuhi protokol kesehatan. Setiap stakeholder yang terlibat dan dalam upaya meningkatkan wisatawan pasca pandemi Covid-19 di Yogyakarta bisa dilihat dari tugas dan peran mereka. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, terus melakukan koordinasi dan komunikasi yang intens dengan para stakeholder terkait dengan kegiatan yang dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kembali wisatawan pasca pandemi Covid-19 agar tidak tumpang tindih dan jelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Stakeholder Relation |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 21 Dec 2024 08:20 |
Last Modified: | 21 Dec 2024 08:20 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19273 |