PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BARISTAJOB.JOGJA SEBAGAI MEDIA PLACEMENT TERHADAP PEMENUHAN INFORMASI LOWONGAN PEKERJAAN DI BIDANG FOOD AND BEVERAGE DI YOGYAKARTA

Sitorus, Johan Aris (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BARISTAJOB.JOGJA SEBAGAI MEDIA PLACEMENT TERHADAP PEMENUHAN INFORMASI LOWONGAN PEKERJAAN DI BIDANG FOOD AND BEVERAGE DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI JOHAN ARIS SITORUS-18071209 FIX.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Skripsi Johan Aris Sitorus -18071209.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan era saat ini menjadikan media sosial sebagai sarana tercepat, tepat dan efektif dalam pertukaran informasi. Mengikuti perkembangan teknologi secara digital dan mengedepankan kemudahan dalam pengaplikasiannya, media sosial diharapkan menjadi sarana atau wadah baru untuk manusia atau penggunanya selalu tehubung melalui internet tanpa ada batasan jarak dan waktu. Mengantikan pola komunikasi dan pola bersosial yang sebelumnya menjadikan percepatan dan perputaran informasi yang beredar sangat cepat ketika dilakukan secara digital. Bersamaan dengan perkembangan era digital saat ini juga, tidak hanya mengubah cara manusia dalam berkomunikasi ataupun bertukar informasi, perkembangan ini juga membawa kebiasaan manusia untuk selalu terhubung dan menjadikan dunia kedua selain dunia asli, untuk saling merebut dan mengambil peran dalam dunia digital.
Termasuk ke dalam media sosial, Instagram saat ini menjadi platfrom media sosial terbesar di dunia saat ini. Menurut data dari NapoleonCat.com salah satu situs sosial media marketing, Indonesia menjadi pengguna aktif Instagram keempat di dunia setelah negara Brazil per Oktober 2022. Banyak nya pengguna ini juga menjadikan Instagaram sebagai wadah atau peluang baru dalam mengambil peran di dunia digital. Ada beberapa pengguna yang sekedar penikmat aplikasi tersebut, sebagai pusat pemenuhan informasi pribadi hingga sebagai lahan usaha. Berkaitan dengan peran dan fungsi sosial media tersebut, penelitian yang berjudul “Pemanfaatan Media Sosial Instagram @baristajob.jogja sebagai Media Placement Terhadap Pemenuhan Informasi Lowongan Pekerjaan di Bidang Food and Beverage di Yogyakarta” dimaksudkan untuk membahas salah satu peran di dunia digital yaitu sebagai Media Placement atau media promosi dan pemenuhan informasi lowongan pekerjaan bidang Industri Food and Beverage di Yogyakarta. Penelitian ini juga akan membahas bagaimana akun Instagram @baristajob.jogja mampu menjaga eksistensinya dalam aktivitas pengolaaan akun dari segi proses awal kegiatan promosi, penyebaran informasi lowongan pekerjaan hingga faktor – faktor yang mendukung akun Instagram @baristajob.jogja menjadi akun Instagram yang selalu digunakan pegawai - pegawai di Yogyakarta dalam mencari informasi lowongan pekerjaan di bidang Industri Food and Beverage di daerah Yogyakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat media sosial pada akun Instagram @baristajob.jogja sebagai sebuah Media Placement terhadap pemenuhan informasi lowongan pekerjaan di bidang Food and Beverage di Yogyakarta dan melihat faktor – faktor apa saja yang membuat akun Instagram @baristajob.jogja menjadi akun yang digunakan para pegawai di Yogyakarta dalam mencari lowongan pekerjaan di bidang Industri Food and Beverage di daerah Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan metode ini, peneliti menjadikan admin akun Instagram @baristajob.jogja, pengguna jasa dan penerima informasi dari akun Instagram @baristajob.jogja sebagai subyek penelitian. Penelitian dilakukan melalui sebuah tahapan studi kasus, dan teknik pengolahan data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikaan kesimpulan, berdasarkan tahapan pengumpulan data sebelumnya dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh beberapa manfaat media sosial dan rangkaian proses awal kerjasama media promosi pada akun Instagram @baristajob.jogja sebagai sebuah Media Placement terhadap pemenuhan informasi lowongan pekerjaan di bidang Industri Food and Beverage di Yogyakarta. Penelitian ini juga mendapati kesuksesan dan faktor – faktor yang menjadikan akun Instagram @baristajob.jogja sebagai sumber informasi utama untuk memenuhi informasi lowongan pekerjaan di bidang Industri Food and Beverage di Yogyakarta bagi pengikutnya ataupun pencari lowongan pekerjaan di Industri Food and Beverage di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instagram, @baristajob.jogja, Media Placement, Pemenuhan Informasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 21 Dec 2024 08:39
Last Modified: 21 Dec 2024 08:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19289

Actions (login required)

View Item
View Item