Analisis Resepsi Penonton Perempuan Terhadap Homoseksualitas Pada Series Fish Upon The Sky

Hartadi, Dalidyo Etno (2023) Analisis Resepsi Penonton Perempuan Terhadap Homoseksualitas Pada Series Fish Upon The Sky. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI ANALISIS RESEPSI PENONTON PEREMPUAN TERHADAP HOMOSEKSUALITAS PADA DRAMA .doc

Download (85kB)

Abstract

Fenomena serial Boys Love yang merupakan konten bermuatan LGBTQ+ disaksikan oleh penonton perempuan merupakan fenomena tabu yang ada di realitas masyarakat, penonton perempuan ini saling berinteraksi di sosial media menyaksikan serial drama Boys Love berjudul Fish Upon The Sky dengan beragam alasan, dalam penelitian ini resepsi dari para penonton perempuan ini merupakan subjek dari penelitian.
Para penonton perempuan yang menyukai serial Boys Love berjudul Fish Upon The Sky ini merupan penonton yang sudah menyaksikan serial sejenis cukup lama, mereka melihat bahwa serial tersebut menghibur dan memiliki value yang menarik untuk di saksikan di waktu luang, para penonton ini berinteraksi di dalam media sosial yang pada penelitian ini penulis temukan dalam aplikasi Twitter dan bertukar pendapat tententang serial dan jalan cerita yang ada di dalam serial tersebut.
Penelitian ini menggunakan teori resepsi milik Stuart Hall yang membahas tentang pemaknaan dan juga teks media yang yang dilihat dari para audiens, penelitian ini melihat para penonton yang menyaksikan serial Fish Upon The Sky dan membagikan mereka kedalam kategori yang sudah ada dalam teori Stuart Hall, agar bisa di analisis sesuai dengan teori yang ada.
Setelah penelitian dilakukan para penonton perempuan mengerti dan memahami bahwa adanya unsur LGBTQ+ di dalam serial tersebut dan melihat hal tersebut sebagai hal yang dianggap konten dan juga memiliki nilai tersediri, para penonton banyaknya menempatkan diri mereka didalam posisi hegemoni karena mereka menerima adanya homoseksualitas di dalam serial Fish Upon The Sky.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: LGBTQ+, Boys Love, Fish Upon The Sky, Penonton Perempuan, Resepsi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:43
Last Modified: 07 Aug 2023 06:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19393

Actions (login required)

View Item
View Item