Ardiansyah, Muhammad Juni (2023) PERANCANGAN KONTEN VISUAL & MERCHANDISE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOMUNITAS CHELSEA INDONESIA SUPPORTERS CLUB (CISC) REGIONAL YOGYAKARTA. Skripsi Aplikatif thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (19kB)
BAB I.pdf
Download (191kB)
bab v.pdf
Download (329kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (101kB)
SKRIPSI APLIKATIF FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only
Download (15MB) | Request a copy
Abstract
Komunikasi visual seperti gambar saat ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk membangun personal branding ataupun komunitas, salah satu komunitas atau kelompok adalah suporter bola. Kehadiran pendukung atau Supoter ditengah sebuah klub sepakbola sangat baik dalam perkembangan dan sebagai pendamping klub tersebut saat menjalani laga tandang maupun kandang. Seperti halnya pendukung atau suporter sepakbola yang ada diseluruh dunia, sebuah kelompok atau orang-orang yang terkumpul menjadi satu bagian dan keinginan untuk mendukung ataupun membela klub sepakbola yang dicintainya. Sebuah kelompok tersebut menjadi wadah tempat bersenang-senang untuk mereka yang satu hobi yang disebut Komunitas Supporters Club. Hampir semua klub sepakbola besar mempunya Komunitas Supporters Club yang diisi oleh orang-orang loyal, Keberadaan Supporters Club khssusnya di Indonesia sangat banyak dijumpai baik itu dari klub dalam negeri maupun Luar negeri klub top Eropa. Merchandise atau barang dagangan menjadi pemasukan besar bagi klub bola ataupun Komunitas Supporters Club. Merchandise sangat diminati oleh pendukung sepakbola sebagai identitas visual ataupun tanda pengenal kuat melalui tanda atau desain logo maupun warna yang tertera dan melekat disebuah Merchandise yang digunakan oleh pendukung. Komunitas CISC Regional Jogja menjadi objek dalam penelitian atau perancangan visual ini. Referensi dalam perancangan visual ini adalah Chelsea FC mulai dari warna dan elemen desain lainnya dalam sepakbola, Selain wawancara dan pengamatan visual melalui buku dan website karya, aspek visual terdiri dari tiga yaitu Gambar/Imaji, pembuat atau produksi dan aspek pemirsa atau audiens. Perancangan konten visual dan Merchandise menggunakan tiga aplikasi inti dalam pembuatan atau perancangannya yaitu Adobe Photoshop, Ilustrator dan Blender untuk membuat 3D Modeling. Tujuan dengan adanya perancangan visual ini adalah sebagai media komunikasi dan informasi komunitas dan juga sebagai inspirasi kedepannya melalui konten visual ataupun Merchandise.
Item Type: | Thesis (Skripsi Aplikatif) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sepabola, Supporters Club, Merchandise, perancangan visual. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 05:36 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 05:36 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19481 |