PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN IDENTITAS VISUAL PADA PRODUK UMKM OLAHAN SAMBAL DAPUR JAMPANG DI YOGYAKARTA

Bahtiar, Hafizh Irfanariq (2024) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN IDENTITAS VISUAL PADA PRODUK UMKM OLAHAN SAMBAL DAPUR JAMPANG DI YOGYAKARTA. Skripsi Aplikatif thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT HAFIZH IRFANARIQ BAHTIAR_REVISI 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI APLIKATIF] Other (SKRIPSI APLIKATIF)
HASIL KARYA SKRIPSI APLIKATIF.rar
Restricted to Repository staff only

Download (213MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tren bisnis olahan sambal kemasan di Indonesia membuat persaingan pasar semakin ketat. Salah satu daya tarik konsumen produk yaitu dengan menghadirkan kemasan yang menarik. UMKM Dapur Jampang telah berdiri sejak 15 Juni 2022 tentu membutuhkan desain kemasan untuk melindungi produk dan membangun identitas visualnya. Kemasan pada Dapur Jampang menuai kritikan dari konsumennya. Oleh karena itu perancangan desain kemasan pada produk olahan sambal Dapur Jampang bertujuan agar sesuai dengan keilmuan desain komunikasi visual yang berusaha memenuhi kriteria kemasan yang baik yaitu fungsi melindungi produk, sebagai media promosi dan membangun identitas visual yang sesuai. Dalam perancangan desain kemasan ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif deskriptif yaitu dengan cara wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil perancangan desain kemasan ini mengarah pada keamanan, ergonomis, experience yang berbeda dalam membangun promosinya melalui identitas visual produk yang dibangun yaitu bertema kebudayaan Jepang yang memiliki gaya desain sederhana, otentik dan modern. Dengan perancangan desain kemasan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik sesuai dengan UMKM Dapur Jampang sehingga mampu bersaing dengan kompetitor di kelasnya serta menarik target audience sesuai segmentasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi Aplikatif)
Uncontrolled Keywords: Desain Kemasan, Media Promosi, Identitas Visual, Dapur Jampang
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 05:29
Last Modified: 07 Jan 2025 05:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19502

Actions (login required)

View Item
View Item