Bahtiar, Hafizh Irfanariq (2024) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN IDENTITAS VISUAL PADA PRODUK UMKM OLAHAN SAMBAL DAPUR JAMPANG DI YOGYAKARTA. Skripsi Aplikatif thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (78kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB V.pdf
Download (76kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (94kB)
SKRIPSI FULL TEXT HAFIZH IRFANARIQ BAHTIAR_REVISI 1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB) | Request a copy
HASIL KARYA SKRIPSI APLIKATIF.rar
Restricted to Repository staff only
Download (213MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tren bisnis olahan sambal kemasan di Indonesia membuat persaingan pasar semakin ketat. Salah satu daya tarik konsumen produk yaitu dengan menghadirkan kemasan yang menarik. UMKM Dapur Jampang telah berdiri sejak 15 Juni 2022 tentu membutuhkan desain kemasan untuk melindungi produk dan membangun identitas visualnya. Kemasan pada Dapur Jampang menuai kritikan dari konsumennya. Oleh karena itu perancangan desain kemasan pada produk olahan sambal Dapur Jampang bertujuan agar sesuai dengan keilmuan desain komunikasi visual yang berusaha memenuhi kriteria kemasan yang baik yaitu fungsi melindungi produk, sebagai media promosi dan membangun identitas visual yang sesuai. Dalam perancangan desain kemasan ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif deskriptif yaitu dengan cara wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil perancangan desain kemasan ini mengarah pada keamanan, ergonomis, experience yang berbeda dalam membangun promosinya melalui identitas visual produk yang dibangun yaitu bertema kebudayaan Jepang yang memiliki gaya desain sederhana, otentik dan modern. Dengan perancangan desain kemasan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik sesuai dengan UMKM Dapur Jampang sehingga mampu bersaing dengan kompetitor di kelasnya serta menarik target audience sesuai segmentasinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi Aplikatif) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain Kemasan, Media Promosi, Identitas Visual, Dapur Jampang |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 05:29 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 05:29 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19502 |