EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERSONAL BRANDING GENERASI Z PADA MASYARAKAT YOGYAKARTA

Hardiyanti, Dwi (2023) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERSONAL BRANDING GENERASI Z PADA MASYARAKAT YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULLTEXT_DWI HARDIYANTI_190710098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_DWI HARDIYANTI.docx

Download (1MB)

Abstract

Media sosial adalah medium di internet yang memungkinkan pengguna
merepresentasikan dirinya maupun berinteraksi, bekerja sama, berbagi,
berkomunikasi dengan pengguna lain membentuk ikatan sosial secara virtual.
Media sosial instagram memberikan wadah generasi Z dalam membangun
Personal Branding. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi
dari penelitian ini adalah Generasi Z pada Masyarakat Yogyakarta. Teknik
penarikan sampel penelitian ini menggunakan jenis nonprobability sampling
dengan teknik purposive sampling, dimana pada penelitian ini diambil 100
responden dari 5 kabupaten dengan jumlah 20 responden pada setiap kabupaten
di Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan Generasi Z pengguna Media
Sosial Instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Sistem
dan Teori Brand Personality. Hasil dari penelitian ini berdasarkan Uji T yaitu
nilai Sign. 0,000 < 0,05, maka dikatakan variabel X (Media Sosial Instagram)
efektif terhadap variabel Y (Personal Branding). Berdasarkan Uji F yaitu nilai
Sign. 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan terdapat pengaruh simultan dari
variabel X (Media Sosial Instagram) terhadap variabel Y (Personal Branding).
Berdasarkan uji koefisiensi determinasi dalam penelitian ini dapat diketahui
bahwa diperoleh nilai koefisiensi determinasi atau R Square yaitu 0,325 yang
dapat disimpulkan pengaruh efektivitas dari variabel X (Media Sosial Instagram)
terhadap variabel Y (Personal Branding) adalah sebesar 32,5%. Dari hasil
tersebut, disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah efektivitas media
sosial instagram kurang begitu mendominasi terhadap Personal Branding
Generasi Z Pada Masyarakat Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Personal Branding, Generasi Z
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 30 Dec 2024 01:43
Last Modified: 30 Dec 2024 01:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19512

Actions (login required)

View Item
View Item