Hardiyanti, Dwi (2023) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERSONAL BRANDING GENERASI Z PADA MASYARAKAT YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (218kB)
BAB I.pdf
Download (691kB)
BAB V.pdf
Download (174kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (191kB)
SKRIPSI FULLTEXT_DWI HARDIYANTI_190710098.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI_DWI HARDIYANTI.docx
Download (1MB)
Abstract
Media sosial adalah medium di internet yang memungkinkan pengguna
merepresentasikan dirinya maupun berinteraksi, bekerja sama, berbagi,
berkomunikasi dengan pengguna lain membentuk ikatan sosial secara virtual.
Media sosial instagram memberikan wadah generasi Z dalam membangun
Personal Branding. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi
dari penelitian ini adalah Generasi Z pada Masyarakat Yogyakarta. Teknik
penarikan sampel penelitian ini menggunakan jenis nonprobability sampling
dengan teknik purposive sampling, dimana pada penelitian ini diambil 100
responden dari 5 kabupaten dengan jumlah 20 responden pada setiap kabupaten
di Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan Generasi Z pengguna Media
Sosial Instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Sistem
dan Teori Brand Personality. Hasil dari penelitian ini berdasarkan Uji T yaitu
nilai Sign. 0,000 < 0,05, maka dikatakan variabel X (Media Sosial Instagram)
efektif terhadap variabel Y (Personal Branding). Berdasarkan Uji F yaitu nilai
Sign. 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan terdapat pengaruh simultan dari
variabel X (Media Sosial Instagram) terhadap variabel Y (Personal Branding).
Berdasarkan uji koefisiensi determinasi dalam penelitian ini dapat diketahui
bahwa diperoleh nilai koefisiensi determinasi atau R Square yaitu 0,325 yang
dapat disimpulkan pengaruh efektivitas dari variabel X (Media Sosial Instagram)
terhadap variabel Y (Personal Branding) adalah sebesar 32,5%. Dari hasil
tersebut, disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah efektivitas media
sosial instagram kurang begitu mendominasi terhadap Personal Branding
Generasi Z Pada Masyarakat Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Personal Branding, Generasi Z |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 01:43 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 01:43 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19512 |