Majid, Nuzulian Abdul (2023) ANALISIS SEMIOTIKA TEORI ROLAND BARTHES DALAM REPRESENTASI EMOSIONAL DAN SIMBOL KELEZATAN RASA PEDAS PADA KONTEN IKLAN DALAM STUDI KASUS INSTAGRAM MCDONALDS.ID MENU AYAM SPICY. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (115kB)
BAB I.pdf
Download (168kB)
BAB V.pdf
Download (120kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (183kB)
FULL TEXT SKRIPSI_Nuzulian_Abdul_Majid .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Naskah Publikasi_Nuzulian Abdul Majid_190710086.docx
Download (4MB)
Abstract
Dunia pemasaran telah diubah oleh era digitalisasi, dengan perusahaan menggunakan alat, platform, dan strategi baru untuk berinteraksi dengan audiens target mereka. McDonald's, salah satu perusahaan FnB terkemuka di dunia, melakukannya. Mereka menyadari bahwa pelanggan saat ini banyak berinteraksi dengan media digital, sehingga branding yang ditampilkan di media sosial memengaruhi keputusan pembelian mereka. Iklan McDonald's memiliki pesan yang kuat, terutama dalam sudut pandang semiotika yang mempelajari representasi pesan dalam tanda. Iklan yang mengandung konten menu ayam pedas di akun Instagram mcdonalds.id adalah subjek studi kasus penelitian ini. Peneliti ingin melihat makna yang tersirat dalam iklan yang menggambarkan kelezatan secara visual dan menjelaskan bagaimana tanda dapat memengaruhi persepsi penonton. Paradigma penelitian yang dilakukan merupakan paradigma kontruktivisme yang bertujuan untuk memahami serta menganalisis bagaimana sebuah konten promosi bisnis kuliner menyajikan informasi yang berbentuk audio visual yang disertai dengan cerita pendek menggunakan unsur emosional sebagai Teknik persuasive terhadap konsumen. Dengan menggunakan model analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini bersifat interpretative.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mcdonald’s, Semiotika, Roland Barthes |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 08:50 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 08:50 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19514 |