ANALISIS SEMIOTIKA TEORI ROLAND BARTHES DALAM REPRESENTASI EMOSIONAL DAN SIMBOL KELEZATAN RASA PEDAS PADA KONTEN IKLAN DALAM STUDI KASUS INSTAGRAM MCDONALDS.ID MENU AYAM SPICY

Majid, Nuzulian Abdul (2023) ANALISIS SEMIOTIKA TEORI ROLAND BARTHES DALAM REPRESENTASI EMOSIONAL DAN SIMBOL KELEZATAN RASA PEDAS PADA KONTEN IKLAN DALAM STUDI KASUS INSTAGRAM MCDONALDS.ID MENU AYAM SPICY. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
FULL TEXT SKRIPSI_Nuzulian_Abdul_Majid .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Nuzulian Abdul Majid_190710086.docx

Download (4MB)

Abstract

Dunia pemasaran telah diubah oleh era digitalisasi, dengan perusahaan menggunakan alat, platform, dan strategi baru untuk berinteraksi dengan audiens target mereka. McDonald's, salah satu perusahaan FnB terkemuka di dunia, melakukannya. Mereka menyadari bahwa pelanggan saat ini banyak berinteraksi dengan media digital, sehingga branding yang ditampilkan di media sosial memengaruhi keputusan pembelian mereka. Iklan McDonald's memiliki pesan yang kuat, terutama dalam sudut pandang semiotika yang mempelajari representasi pesan dalam tanda. Iklan yang mengandung konten menu ayam pedas di akun Instagram mcdonalds.id adalah subjek studi kasus penelitian ini. Peneliti ingin melihat makna yang tersirat dalam iklan yang menggambarkan kelezatan secara visual dan menjelaskan bagaimana tanda dapat memengaruhi persepsi penonton. Paradigma penelitian yang dilakukan merupakan paradigma kontruktivisme yang bertujuan untuk memahami serta menganalisis bagaimana sebuah konten promosi bisnis kuliner menyajikan informasi yang berbentuk audio visual yang disertai dengan cerita pendek menggunakan unsur emosional sebagai Teknik persuasive terhadap konsumen. Dengan menggunakan model analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini bersifat interpretative.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mcdonald’s, Semiotika, Roland Barthes
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2024 08:50
Last Modified: 24 Dec 2024 08:50
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19514

Actions (login required)

View Item
View Item