Sulastri, Sulastri (2016) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP DIMENSI KUALITAS LAYANAN KLINIK KECANTIKAN PERMATA HEALTH & BEAUTY DI KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak.docx
Download (13kB)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Klinik kecantikan merupakan tempat bagi sebagian orang untuk melakukan perawatan
kulit serta wajah mereka. Di era modern seperti sekarang ini, perawatan kulit bukan hanya
untuk kebutuhan saja, melainkan sudah menjadi gaya hidup bagi golongan masyarakat tertentu
yang mampu dan peduli dengan penampilan. Salah satu klinik kecantikan yang terdapat di kota
Klaten adalah klinik kecantikan Permata Health & Beauty. Sebagai klinik kecantikan yang
tergolong masih baru, Permata Health & Beauty harus mampu memberikan tingkat kepuasan
yang tinggi bagi konsumen pada dimensi kualitas layanan yang terdiri reliability,
responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan konsumen
terhadap dimensi kualitas layanan yang terdiri dari dimensi reliability, responsiveness,
assurances, emphaty dan tangibles selain itu juga bertujuan untuk mengetahui dimensi kualitas
layanan apakah yang paling dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan layanan klinik
kecantikan Permata Health & Beauty di Klaten. Penelitian ini menggunakan metode analisis
deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah menggunakan
layanan klinik kecantikan Permata Health & Beauty di Klaten pada tahun 2015. Sampel dalam
penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan layanan klinik kecantikan Permata Health
& Beauty di Klaten minimal dua kali dalam enam bulan. Teknik yang digunakan dalam
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan wawancara, observasi, kepustakaan dan kuesioner. Teknik analisis data
yang dilakukan adalah dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas, analisis mean
arithmatic, dan analisis diagram kartesius.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara tingkat harapan
konsumen dan tingkat kinerja perusahaan, sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen
Permata Health & Beauty sudah merasa puas dengan kinerja perusahaan. Dari hasil penelitian
yang dilakukan penulis dapat diketahui bahwa dimensi tangibles merupakan dimensi kualitas
layanan yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam menggunakan layanan klinik
kecantikan Permata Health & Beauty. Yang mana dimensi tangibles meliputi penampilan fisik
dan interior bangunan, kebersihan dan kenyamanan klinik kecantikan dan lingkungan,
kecanggihan teknologi peralatan yang digunakan, keragaman produk yang ditawarkan,
ketersediaan area parkir, serta kerapian dan kebersihan penampilan karyawan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Konsumen, Dimensi Kualitas, Kualitas Layanan, Klinik Kecantikan |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 07:29 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 07:29 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19598 |