PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK BUKU (Studi Kasus Di CV.Pinus Book Publisher)

Ardila, Christina Rita (2016) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK BUKU (Studi Kasus Di CV.Pinus Book Publisher). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
JURNAL_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)

Abstract

Buku merupakan satu media penyampaian informasi dan pengetahuan, yang berperan penting
dalam pendidikan. Sebagaimana tertuang dalam pepatah "buku adalah jendela dunia". Hal ini dapat di
artikan bahwa buku salah satu jalan untuk menentukan kemajuan dunia. Maksud dan tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menganilisis pengaruh bauran pemasaran baik secara parsial maupun
simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk buku di perusahaan Pinus Book
publisher, dengan 4P yaitu Product tangible, Product intangible (layanan), Price, and Place dan untuk
mengidentifikasi variabel mana yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen
pada produk buku.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli di kantor pinus book
publisher dengan jumlah tidak terbatas. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah diperoleh, maka
dapat diketahui jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah quesioner dan di uji menggunakan uji instrumen validitas danreliabilitas. Metode analisi data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji agresi linier berganda, uji T,
uji F, dan analisis koefisien determinasi.
Hasil analisis koefisien detrminasi menunjukan bahwa nilai R2 = 0,015 menjelaskan bahwa
dengan demikian dapat dikatakan bahwa besarnya pengaruh variabel produk, layanan, harga dan
tempat terhadap keputusan pembelian konsumen di perusahaan Pinus Book publisher adalah 1,5 %
sedangkan sisanya (98,5%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Maka pengaruh variabel
independent terhadap variabel dependent lemah.
Berdasarkan hasil dari uji F bahwa nilai F adalah sebesar 1,378. Yang berarti nilai F hitung < F
tabel (1,378 < 2,70), maka Ho diterima. Dari hasil uji T juga demikian karena Ho diterima, artinya ke
empat variabel bebas dalam penelitian ini yang terdiri dari variabel produk, layanan, harga, dan tempat
secara parsial dan simultan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen buku di Pinus Book Publisher

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: produk, layanan, harga, dan tempat
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 28 Oct 2024 07:32
Last Modified: 28 Oct 2024 07:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item
View Item