PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Wijaya, Lia Satria (2017) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI LIA DONE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
dengan indikator bukti fisik, keandalan, jaminan, daya tanggap dan empati
terhadap kepuasan pasien rawat jalan RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede
Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Non-Probability
Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dari para pasien jalan
RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta dengan pendekatan
accidental sampling. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode
kuesioner tertutup dengan menggunakan skala likert.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 0,234 X1 + 0,146 X2 + 0,271 X3 + 0,193 X4 + 0,197 X5. Berdasarkan
analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan
variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas
multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal.
Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling
berpengaruh adalah variabel jaminan dengan koefisien regresi sebesar 0,271;
bukti fisik dengan koefisien regresi sebesar 0,234; empati dengan koefisien
regresi sebesar 0,197; daya tanggap dengan koefisien regresi sebesar 0,193 dan
variabel yang berpengaruh paling rendah adalah kehandalan dengan koefisien
regresi sebesar 0,146. Dengan demikian RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede
Yogyakarta perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh
pasien serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, kepuasan konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:19
Last Modified: 29 Oct 2024 03:19
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19687

Actions (login required)

View Item
View Item