EVALUASI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PADA OBYEK WISATA GOA PINDUL

Agustine, Alif Dewi (2016) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PADA OBYEK WISATA GOA PINDUL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisa tiga dimensi
kualitas pelayanan jasa yaitu : tangibles, reliability, dan emphaty secara bersamasama terhadap tingkat kepuasan pengunjung. (2) Untuk mengetahui diantara
ketiga dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, dan emphaty), dimensi
manakah yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pengunjung. Hasil
penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi dan informasi untuk
mengevaluasi kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada pengunjung. Dari
evaluasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanannya.
Penelitian ini dilakukan di obyek wisata goa pindul dengan mempergunakan
sampel yang ditentukan dengan metode sampling dengan mempertimbangkan
kriteria tertentu yakni pengunjung yang telah mengunjungi Goa Pindul lebih dari
satu kali sebanyak 30 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini dengan menggunakan kuisoner sedangkan metode analisis
data yang digunakan meliputi analisis instrumen penelitian yang terdiri dari uji
validitas, dan uji reliabilitas.
Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan mean arithmetic,
dengan menjumlahkan semua nilai data pengamatan kemudian dibagi dengan
banyaknya data, metode analisis ini merupakan hasil bagi dari jumlah semua nilai
dengan banyaknya nilai yang kemudian di masukkan ke dalam diagram kartesius
untuk mengetahui peta atau potret kepuasan pelanggan berada pada kuadran
A,B,C ataukah D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dimensi kualitas pelayanan, tangibles, reliability, emphaty, kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:35
Last Modified: 29 Oct 2024 07:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19776

Actions (login required)

View Item
View Item