Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Produk Ramah Lingkungan Pada Masyarakat Kota Yogyakarta

Prima, Raden Mas Prenatama (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Produk Ramah Lingkungan Pada Masyarakat Kota Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Manajemen. (Unpublished)

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI_Raden Mas Prenatama Prima_190530350_11A.docx
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengaruh sikap terhadap
lingkungan (environmental attitude) terhadap perilaku pembelian produk ramah
lingkungan pada masyarakat Kota Yogyakarta. (2) Menganalisis pengaruh
kepedulian terhadap lingkungan (environmental concern) terhadap perilaku
pembelian produk ramah lingkungan pada masyarakat Kota Yogyakarta. (3)
Menganalisis pengaruh tanggung jawab terhadap lingkungan yang dirasakan
(perceived environmental responsibility) terhadap perilaku pembelian produk
ramah lingkungan pada masyarakat Kota Yogyakarta. (4) Menganalisis pengaruh
sikap terhadap lingkungan (environmental attitude), kepedulian terhadap
lingkungan (environmental concern) dan tanggung jawab terhadap lingkungan
yang dirasakan (perceived environmental responsibility) secara bersama-sama
terhadap perilaku pembelian produk ramah lingkungan pada masyarakat Kota
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota
Yogyakarta. Sampel berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
(1) Tedapat pengaruh sikap terhadap lingkungan (environmental attitude)
terhadap perilaku pembelian produk ramah lingkungan pada masyarakat Kota
Yogyakarta. (2) Tedapat pengaruh kepedulian terhadap lingkungan
(environmental concern) terhadap perilaku pembelian produk ramah lingkungan
pada masyarakat Kota Yogyakarta. (3) Tedapat pengaruh tanggung jawab
terhadap lingkungan yang dirasakan (perceived environmental responsibility)
terhadap perilaku pembelian produk ramah lingkungan pada masyarakat Kota
Yogyakarta. (4) Tedapat pengaruh sikap terhadap lingkungan (environmental
attitude), kepedulian terhadap lingkungan (environmental concern) dan tanggung
jawab terhadap lingkungan yang dirasakan (perceived environmental
responsibility) secara bersama-sama terhadap perilaku pembelian produk ramah
lingkungan pada masyarakat Kota Yogyakarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sikap, kepedulian, tanggung-jawab, perilaku pembelian, produk ramah lingkungan.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Managemen UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:56
Last Modified: 11 Sep 2023 07:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19861

Actions (login required)

View Item
View Item