PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR) ( Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang tercatat pada BEI periode 2012 – 2014 )

NOVITASARI, DESSY (2015) PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR) ( Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang tercatat pada BEI periode 2012 – 2014 ). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRACT.docx

Download (17kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kinerja perusahaan terhadap corporate social responsibility. Corporate Social Responsibility merupakan aktivitas perusahaan dalam mencapai keseimbangan atau integrasi antara aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial tanpa mengesampingkan ekspektasi para pemegang saham (menghasilkan profit). Dalam penelitian ini, kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan ROE (Return On Equity) , ROA ( Return On Asset ) dan EPS ( Earning Per Share ).
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang tercatat pada BEI periode 2012 – 2014 dan menerbitkan annual report secara berturut–turut selama periode pengamatan di website www.idx.co.id dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 54 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi berganda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode studi pustaka.
Berdasarkan hasil pengujian, pada hipotesis pertama ditemukan bahwa variabel Return On Equity ( ROE ) berpengaruh positif signifikan terhadap Corporate Social Responsinility ( CSR ), karena nilai t hitung > t tabel ( 2,323 > 2,009), hipotesis kedua yaitu variabel Return On Asset (ROA) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility (CSR), karena nilai –t hitung > - t tabel (2,349 > 2,009), hipotesis ketiga yaitu variabel Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility (CSR), karena nilai t hitung > t tabel ( 2,349 > 2,009) dan hipotesis keempat adalah variabel ROE, ROA, dan EPS secara bersama– sama berpengaruh terhadap CSR, karena nilai F hitung > F tabel ( 5,798 > 2,790 ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 30 Oct 2024 08:54
Last Modified: 30 Oct 2024 08:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19998

Actions (login required)

View Item
View Item