Kurniati, Anastasia Endah (2015) ANALISIS PENGARUH SELF-IMAGE CONGRUENCE TERHADAP PREFERENSI MEREK DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA SMARTPHONE MEREK SAMSUNG. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK SKRIPSI ANASTASIA ENDAH KURNIATI.docx
Download (15kB)
SKRIPSI ANASTASIA ENDAH KURNIATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Self Image Congruence
terhadap Preferensi Merek serta untuk menguji pengaruh Self Image Congruence
terhadap Kepuasan Konsumen. Variabel dalam penelitian ini meliputi Self Image
Congruence (variabel independen), Preferensi Merek dan Kepuasan Konsumen
(variabel dependen). Subyek dalam penelitian berjumlah 125 responden yang
berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengetahui dan atau membeli serta
menggunakan smartphone merek Samsung. Pengumpulan Data dilakukan melalui
penyebaran kuesioner dengan metode nonprobability sampling dan teknik
convenience sampling. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
validitas menggunakan Koefisien Korelasi Produk Momen dan uji reliabilitas
menggunakan Cronbach Alpha.
Metode pengolahan data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier
Sederhana yang meliputi Uji t dan Koefisien Determinasi (R²). Hasil Analisis Regresi
Linier Sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara Self Image
Congruence seseorang dengan koefisien regresi (X=0,42) terhadap Preferensi
Smartphone Merek Samsung. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh yang
positif antara Self Image Congruence dengan koefisien regresi (X=0,28) terhadap
Kepuasan Konsumen dalam menggunakan smartphone merek Samsung.
Dari hasil Uji t menunjukkan bahwa Self Image Congruence memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap Preferensi Merek, hal ini ditunjukkan dengan nilai
t hitung (5,47) lebih besar dari nilai t tabel (1,979) serta nilai signifikan dibawah 0,05.
Selain itu, Self Image Congruence memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
Kepuasan Konsumen, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung (4,93) lebih besar dari
nilai t tabel (1,979) serta nilai signifikan dibawah 0,05.
Koefisien Determinasi (R²) Self Image Congruence terhadap Preferensi
Merek sebesar 0,2 dan terhadap Kepuasan Konsumen sebesar 0,16. Hal ini
vii
menunjukkan bahwa Self Image Conruence memberikan kontribusi sebesar 20%
terhadap variasi perubahan Preferensi Merek, dan sebesar 16% terhadap variasi
perubahan Kepuasan Konsumen. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
diluar penelitian ini. Dari rangkaian analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
kedua hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Pada bagian akhir penelitian terdapat beberapa saran untuk penelitian di
masa mendatang agar menambah jumlah variabel independen dan memperhatikan
komposisi jumlah responden pada setiap kategori apabila responden yang dijadikan
sampel bersifat heterogen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Merek, Preferensi, Kepuasan Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 03:16 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 03:16 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20168 |