FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK HAJI PADA PT. BANK BPD DIY SYARIAH DAN IMPLEMENTASINYA PADA STRATEGI PEMASARAN

Arriyanti, Vebrita Caesaria (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK HAJI PADA PT. BANK BPD DIY SYARIAH DAN IMPLEMENTASINYA PADA STRATEGI PEMASARAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
VEBRITA CAESARIA ARRIYANTI 12052081 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT. Bank BPD DIY Syariah merupakan perusahaan yang bergerak
dibidang keuangan dan dikenal sebagai perusahaan perbankan. Bank BPD DIY
dalam melakukan pemasarannya menjalankan Strategic Bussiness Unit (SBU)
salah satunya dengan mendirikan PT. Bank BPD DIY Syariah yang menjalankan
bisnis dengan prinsip syariah. PT. Bank BPD DIY Syariah mulai beroperasi pada
tanggal 19 Februari 2007 dengan identitas pendirian Bank BPD DIY Cabang
Syariah dengan terdaftar dalam Badan Hukum : 9/13/DS/Yk tanggal 07 Februari
2007.
Pemasaran dari PT. Bank BPD DIY Syariah dapat dicerminkan
diantaranya dengan adanya penciptaan produk-produk yang bersifat Syariah,
Harga yang kompetitif, Menyediakan tempat yang strategis dan dengan
melakukan berbagai promosi. Hal tersebut dimaksudkan untuk menarik minat
konsumen dalam mengambil keputusan pembelian dari produk PT. Bank BPD
DIY Syariah
Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh secara parsial maupun secara simultan pengaruh produk, harga, tempat
dan promosi terhadap keputusan pembelian produk haji di PT. Bank BPD DIY
Syariah. Pencarian data menggunakan Metode purposive sampling terhadap 186
orang sebagai sampel yang merupakan pengguna produk Haji PT. Bank BPD DIY
Syariah. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Multiple
Regression.
Hasil pengujian instrument menunjukkan bahwa butir-butir pernyataan
kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan 100% valid dan
100% reliabel. Hasil pengujian asumsi klasik juga memenuhi asumsi normalitas
vii
dan tidak terjadi autokorelasi, multikolonieritas ataupun heterokedastisitas,
sehingga koesioner yang digunakan untuk mencari pengaruh keputusan pembelian
tersebut tersebut memenuhi standar untuk digunakan dalam penelitian ini.
Hasil analisis secara staistik menunjukkan bahwa secara parsial produk,
tempat dan promosi berpengaruh positif dan segnifikan sedangkan untuk variabel
harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian
produk haji pada PT. Bank BPD DIY Syariah. Hasil secara simultan variabel
produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh positif dan segnifikan terhadap
keputusan pembelian produk haji pada PT. Bank BPD DIY Syariah.
Besarnya variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian secara parsial
pada variabel produk sebesar 0,413 variabel harga sebesar -0,165, variabel tempat
sebesar 0,193 dan variabel promosi sebesar 0,551, sedangkan besarnya variabel
yang mempengaruhi keputusan pembelian secara simultan sebesar 46 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Produk, Harga, Tempat, Promosi dan Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 01 Nov 2024 06:14
Last Modified: 01 Nov 2024 06:14
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20192

Actions (login required)

View Item
View Item