STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM SIARAN PADA RADIO ONLINE ERTE FM TEMANGGUNG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA MEDIA DIGITAL

Sari, Eri Novita (2023) STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM SIARAN PADA RADIO ONLINE ERTE FM TEMANGGUNG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA MEDIA DIGITAL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstract.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Revolusi digital di industri media kini memudahkan setiap orang untuk terhubung satu sama lain. Di era media digital ini stasiun radio dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif agar dapat menarik perhatian pendengar. Karena jika tidak bisa bersaing keberadaan radio akan tereliminasi dan akhirnya dikalahkan oleh media online. Dengan adanya streaming radio dapat bertransformasi menjadi media online, namun tidak akan menghilangkan getaran dari radio itu sendiri. Fasilitas streaming ini membuat proses penyebaran siaran menjadi lebih luas dan tidak terbatas, asalkan terdapat koneksi internet. Dengan streaming ini membuat cara mengkonsumsi radio semakin berkembang dan menjadi sangat mudah. Radio mulai berbaur dimana saja dan dapat diakses dimana saja seperti ponsel, mobil, angkutan umum, dan lain sebagainya. Erte Fm sebagai Lembaga Penyiaran Public Local (LPPL) memanfaatkan perkembangan media digital dengan menyediakan fasilitas streaming untuk menyebarkan program siaran. Dari latar belakang masalah diatas rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Manajemen strategi program siaran pada radio online Erte Fm dalam mempertahankan eksistensi di era digital. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, dan sumber datanya adalah data primer (informan penelitian) dan data sekunder (buku referensi). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah Program Direktor, Musik Direktor, Penyiar, dan Teknisi di Radio Erte FM. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Manajemen strategi program siaran dari Peter Pringle, dimana fungsi Manajemen strategi program siaran menurut Peter Pringle, Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing),pengarahan dan memberikan pengaruh (directing/influencing), dan pengawasan (controlling). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mempertahankan eksistensinya Manajemen strategi program siaran Erte Fm menerapkan strateginya yang didalamnya meliputi Perencanaan program, produksi program, eksekusi program, serta pengawasan dan evaluasi program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Radio, Manajemen strategi program siaran Penyiaran, Eksistensi, Era Digital
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:51
Last Modified: 07 Aug 2023 01:51
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20211

Actions (login required)

View Item
View Item