[SUDAH PUBLISH] Pengaruh Penggunaan Qris Sebagai Metode Pembayaran Terhadap Pengembangan Umkm Di Kabupaten Sleman Sejak Pandemi Covid-19

Kusumaningtyas, Florensia Indah [SUDAH PUBLISH] Pengaruh Penggunaan Qris Sebagai Metode Pembayaran Terhadap Pengembangan Umkm Di Kabupaten Sleman Sejak Pandemi Covid-19. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI.docx

Download (57kB)

Abstract

Awal tahun 2020 lalu, pandemi Covid-19 merambah ke negaraIndonesia dan mengakibatkan terjadinya pembatasan aktivitas sosial yang berdampak pada berbagai bidang salah satunya yaitu perekonomian contohnya UMKM. Suatu usaha pemerintahan guna rantai penyebaran Covid-19 yakni dengan menghimbau masyarakat untuk lebih mengutamakan transaksi secara digital seperti QRIS. Adanya QRIS diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membantu UMKM untuk naik kelas. Tujuan dari pelaksanaan riset yakni untuk memahami pengaruhnya penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Sleman sejak pandemi Covid-19. Riset yang dilaksanakan di Kabupaten Sleman pada rentan 2022 hingga 2023 ini mempergunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer serta pengumpulan data mempergunakan studi pustaka dan kuesioner. Pengambilan sampel nonprobabilitas mempergunakan strategi pengambilan sampel yang digerakkan oleh kriteria dan tujuan adalah metode pilihan. Metode Issac dan Michael dipakai untuk menghitung ukuran sampel, yang menghasilkan hingga 100 UKM yang perlu dianalisis. Pemahaman, keuntungan, kemudahan, ekspektasi pendapatan, dan hambatan adopsi QRIS terbuktikan memengaruhi positif berignifikan kepada variabel dependen, perkembangan UMKM, sesuai temuan analisis regresi linier berganda yang dievaluasi secara parsial (uji t). Besarnya koefisien determinasi (Adjusted R2) adalah 0,500 yang menandakan yaitu variabel pada riset ini ada pengaruhnya sebanya 50% dan faktor lainnya berada di luar cakupan riset ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: penggunaan QRIS; metode Pembayaran; Pengembangan UMKM
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Jul 2023 05:40
Last Modified: 24 Jul 2023 05:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20326

Actions (login required)

View Item
View Item