Sugiyanti, Sugiyanti (2015) PENGARUH RETURN ON INVESTMENT, LEVERAGE RATIO DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Studi Empiris di Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2012. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
SKRIPSI SUGIYANTI, pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
ABSTRAK.docx
Download (13kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara simultan dan partial
tentang pengaruh Return On Investment, Leverage Ratio dan Dividend Payout
Ratio terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan Price Earning Ratio.
Penelitian ini merupakan studi empiris. Pengambilan sampel
menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu pada
perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan
terdokumentasi di Indonesian Capital Market Direktory (ICMD) selama tahun
2011 s/d 2012. Sampel yang memenuhi kriteria sejumlah 30 perusahaan.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik
diskriptif, pengujian asumsi klasik yang meliputi uji normalitas dengan
menggunakan kolmogorov-smirnov, uji multikolinearitas dengan menggunakan
nilai tolerance dan variance inflation factor (VIF), uji autokorelasi diukur dengan
nilai Durbin Watson (DW), uji heteroskedastisitas diukur dengan menggunakan
grafik scatterplot. Untuk menguji hipotesis digunakan regresi linier berganda
dengan menggunakan T-test untuk uji partial dan F-test untuk uji simultan.
Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa (1) secara simultan, Return On
Investment (ROI), Leverage (LEV) dan Dividend Payout Ratio (DPR),
berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PER). (2) secara partial, Return
On Investment (ROI), Dividend Payout Ratio (DPR) berpengaruh positif
signifikan terhadap nilai perusahaan (PER), sedangkan Leverage (LEV) tidak
berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PER).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Return On Investment (ROI), Leverage Ratio (LEV), Dividend Payout Ratio (DPR), dan Nilai Perusahaan (Price Earning Ratio/ PER) |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 07:53 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 07:53 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20330 |