CYBER PUBLIC RELATION BADAN USAHA MILIK DESA TIRTA MANDIRI DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISTA UMBUL PONGGOK KLATEN

Nurkholifah, Wulan (2023) CYBER PUBLIC RELATION BADAN USAHA MILIK DESA TIRTA MANDIRI DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISTA UMBUL PONGGOK KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di era digitalisasi dan penuh persaingan ini Publik Relation sangatlah penting untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara BUMDes dengan masyarakat. Hubungan masyarakat didukung dengan perkembangan teknologi dengan kehadiran media sosial yang telah menciptakan perubahan besar dalam dunia informasi dan komunikasi. Dengan adanya media sosial manusia lebih mudah dalam mengakses sesuatu informasi dan memperlancar komunikasi antar individu. Penelitian ini membahas mengenai Cyber Public Relation Badan Usaha Milik Desa Tirta Mandiri dalam mempromosikan wisata Umbul Ponggok melalui media sosial instagram khusus nya dalam meningkatkan pengunjung. Informan dalam penelitian ini adalah Publik Resepsios Umbul Ponggok dan juga sekretaris/manager program BUMDes Tirta Mandiri. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa dalam penelitian ini menggunakan teori Cyber Public Relation dengan menggunakan elemen-elemen yang terdiri dari: Transpaency, The Internet as an Agen, Richness in content dan Reach. Berdasarkan hasil penelitian elemen Transparency yaitu mampu memberikan pemahaman informasi yang baik. The Internet as an agent yaitu salah satu upaya untuk menjaga nama baik hubungan antara BUMDes dan pihak lain. Richness in content yaitu sebagai orang yang dapat memberikan saran dengan baik. Reach yaitu berperan untuk membangun kepercayaan kepada masyarakat. Keseluruhan elemen Cyber Public Relation ini dengan tujuan untuk meningkat pengunjung wisata. Meningkatnya jumlah kunjungan objek wisata dikarenakan telah tersebarnya informasi objek wistata melalui media sosial instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Cyber Publik Relation, Instagram, meningkatnya pengunjung wisata
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:53
Last Modified: 25 Jul 2023 01:53
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20343

Actions (login required)

View Item
View Item