Ali, M. Farell Maolana (2024) STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF VIRTUAL PERSONAL BRANDING PADA AKUN MEDIA SOSIAL TIKTOK @vmuliana. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak Indo-English M Farell Maolana Ali.pdf
Download (198kB)
BAB 1.pdf
Download (630kB)
BAB V.pdf
Download (413kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (206kB)
SKRIPSI M FARELL MAOLANA ALI 200710221..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Naskah Publikasi M Farell Maolana Ali.docx
Restricted to Repository staff only
Download (29kB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini telah semakin pesat dan diikuti oleh perkembangan media baru yang memberikan sebuah pengaruh tersendiri mengenai terciptanya berbagai macam situs untuk berinteraksi melalui dunia virtual. Kemudian tercipta media komunikasi baru dan salah satunya yaitu Tiktok. Media baru Tiktok tersebut merupakan salah satu platform media sosial menggunakan fitur-fitur video yang dapat menggunakan backsound dengan durasi pendek sekitar 15 detik -3 menit. Kehadiran Tiktok memiliki fungsi lain yaitu dapat membangun personal branding secara virtual. Seorang content creator sekaligus pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Vina Muliana cukup akrab dikenal dalam kalangan masyarakat Indonesia. Vina Muliana menyebarkan konten-konten yang dikemas dengan unik dan menyenangkan pada akun Tiktoknya yaitu @vmuliana. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana Virtual Personal Branding Vina Muliana melalui media sosial Tiktok nya. Masalah pada penelitian ini difokuskan pada virtual personal branding Vina Muliana dan dalam penelitian ini dipergunakan acuan teori dari empat konsep Sukses Membangun Authentic Personal Branding milik Hubert K. Rampersad. Data-data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi video unggahan yang diunggah pada akun Tiktok @vmuliana dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa virtual personal branding yang dilakukan oleh Vina Muliana melalui akun media sosial Tiktok @vmuliana memenuhi empat konsep personal branding yang telah dielaborasi menggunakan acuan virtual reality yaitu Virtual Authentic, Virtual Concistency, Virtual Spesialization, dan Virtual Persistence.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, ContentCreator, Virtual Personal Branding, Tiktok, Vina Muliana. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 05:44 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 05:44 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20344 |