ANALISIS FRAMING PESAN DALAM IKLAN GOJEK “JANGAN SEPELEKAN KEKUATAN DARI SEBUAH JEMPOL”

Rohidah, Azzah (2023) ANALISIS FRAMING PESAN DALAM IKLAN GOJEK “JANGAN SEPELEKAN KEKUATAN DARI SEBUAH JEMPOL”. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi ialah bagian penting dalam kehidupan manusia dan tidak dapat dipisahkan
darinya, salah satunya yaitu digunakan dalam kegiatan pemasaran. Dalam komunikasi
pemasaran terdapat kombinasi metode yang digunakan dalam memasarkan produk,
disebut dengan bauran komunikasi pemasaran atau marketing communication mix. Salah
satu bagian dari bauran komunikasi pemasaran yaitu iklan, iklan adalah salah satu sarana
perusahaan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dimilikinya kepada
masyarakat. Iklan memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk mempersuasi,
membangun brand image dan juga sebagai brand recall. Salah satu cara untuk mencapai
tujuan tersebut yaitu dengan mengemas iklan serta membingkai pesan dengan menarik
dan unik dalam iklan, agar menjadi pembeda dari iklan lainnya dan menghindari iklan
dilewati begitu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Gojek
memframing pesan yang disampaikan kepada masyarakat melalui iklan “Jangan
Sepelekan Kekuatan dari Sebuah Jempol”. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan penyajian deskriptif, penelitian dilakukan dengan menganalisis iklan
menggunakan analisis framing model Pan dan Kosicki. Hasil dari penelitian ini
diharapkan dapat menjadi salah satu referensi di bidang periklanan dalam membuat
strategi periklanan kreatif. Hasil dari analisis ditemukan bahwa framing pesan yang
digunakan dalam iklan ini yaitu pesan moral, yang meliputi moral terhadap diri sendiri,
pesan moral terhadap sesama dan juga pesan moral terhadap lingkungan sekitar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Iklan Gojek, Framing, Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:14
Last Modified: 25 Jul 2023 07:14
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20351

Actions (login required)

View Item
View Item