PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP MINAT BELI SEPATU LOKAL “COMPASS” PADA AKUN TIKTOK @JEJOUW

Samukti, Mohamad Bagus (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP MINAT BELI SEPATU LOKAL “COMPASS” PADA AKUN TIKTOK @JEJOUW. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI FULL TEXT-M Bagus Samukti_190710069_Revisi Skripsi 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

Globalisasi dan kemunculan teknologi digital memunculkan persaingan bisnis yang sengit, sehingga pelaku usaha harus terus berinovasi. Iklan online menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan minat beli konsumen. Celebrity endorsement menjadi salah satu taktik pemasaran yang populer, terutama di kalangan muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorsement terhadap minat beli sepatu lokal “Compass” pada akun TikTok @Jejouw. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah Mahasiswa S1Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan sampel sebanyak 100 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepatu lokal “Compass”. Temuan ini menegaskan bahwa celebrity endorsement pada platform digital seperti TikTok dapat menjadi alat pemasaran yang kuat untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk lokal seperti sepatu "Compass". Oleh karena itu, pelaku usaha yang bergerak dalam industri serupa, dianjurkan untuk memperhitungkan strategi ini dalam rencana pemasaran mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorsement, Minat Beli, Sepatu Compass, TikTok
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:35
Last Modified: 24 Dec 2024 02:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item
View Item