THE EFFECTIVENESS OF JIGSAW STRATEGY IN IMPROVINGTHE 8TH GRADERS’ READING COMPREHENSION (An Experimental study conducted for eighth graders in MTs Ma’arif 2Muntilan)

Nuraida, Siti (2014) THE EFFECTIVENESS OF JIGSAW STRATEGY IN IMPROVINGTHE 8TH GRADERS’ READING COMPREHENSION (An Experimental study conducted for eighth graders in MTs Ma’arif 2Muntilan). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRACT.docx

Download (15kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
skripsi pdf ful.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Bahasa adalah hal yang terpenting dalam berkomunikasi. Sebagai
bahasa internasional, bahasa Inggris sangat penting dan mempunyai timbal
balik dengan banyak aspek dalam kehidupan. Bahasa Inggris tak hanya
digunakan sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai salah satu mata
pelajaran di sekolah Indonesia. Pada saat ini, bahasa Inggris di ajarkan di
tingkat SMP, SMA dan Universitas. Bahkan sudah diperkenalkan di
beberaapa SD dan TK. Disisi lain, banyak siswa yang memiliki masalah
dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini terjadi di kelas VIII C MTs. Ma’arif 2
Muntilan. Siswa kesulitan pada pelajaran membaca teks naratif. Menurut
hasil interview kepada guru bahasa Inggris, banyak siswa yang tidak
mencapai Standar Ketuntasan Minimum (SKM) pada pelajaran membaca teks
narratif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Jigsaw
Strategy dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca pada kelas
delapan. Penelitian eksperimen ini telah di laksanakan di MTs. Ma’arif 2
Muntlian. Subjek penelitian ini adalah VIII C sebagai kelas eksperimen yang
diajarkan dengan menggunakan Jigsaw Strategy sedangkan VIII B sebagai
kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan Jigsaw Strategy. Ada 21
siswa setiap kelas. Pre-test dan post-test di gunakan untuk mengevaluasi
peningkatan kemampuan siswa.
Dari penelitian ini, peneliti menemukan hasil t-test dari post-tes tpada
kedua kelas ialah 2,187. Sedangkan t-tabel yang diperoleh dari nilai dfN-2
dengantarafsignifikansi 5% ialah2,021. Dapatdikatakan, bahwahasilt-test
lebih besar dari t-table, ada perbedaan signifikan dalam prestasi belajar antara
siswa VIII C yang diajakan menggunakan Jigsaw Strategy dan siswa VIII B
yang di ajarkan tanpa menggunakan Jigsaw Strategy. Singkatnya, penemuan
dari penelitian ini mengatakan bahwa mengajar membaca menggunakan
Jigsaw Stretegy ialah efektif. Oleh karena itu, di sarankan kepada guru agar
menggunakan Jigsaw Strategy untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
membaca teks narratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords :Membaca, Jigsaw, Strategi, Teks narrative, Eksperimen.
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:06
Last Modified: 05 Nov 2024 03:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20373

Actions (login required)

View Item
View Item