Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Pemenuhan Informasi Publik (Studi Kuantitatif Penggunaan Instagram @Kemendespdtt Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Publik)

Aulia, Nabila (2023) Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Pemenuhan Informasi Publik (Studi Kuantitatif Penggunaan Instagram @Kemendespdtt Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Publik). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
190710065_Nabila Aulia_Naskah Publikasi.docx

Download (326kB)

Abstract

Tuntutan kebutuhan informasi terkait pembangunan desa oleh masyarakat cukup tinggi mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kecepatan dalam penyebarluasan informasi yang seharusnya efektif. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang seberapa efektif akun instagram @kemendespdtt untuk menjadi pilihan yang tepat diantara serangkaian alternatif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa efektif dari penggunaan media sosial instagram @kemendespdtt dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi publik terkait kegiatan yang dilaksanakan. Populasi pada penelitian ini merupakan followers instagram akun @kemendespdtt yang berjumlah 352.000. Karena jumlah populasi yang relatif besar maka digunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel yaitu sebanyak 100 followers akun instagram @kemendespdtt. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket tertutup secara online dengan menggunakan fitur google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan akun instagram @kemendespdtt efektif dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi publik. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang menyatakan nilai koefisien korelasi variabel adalah 0,708 menyatakan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antar variabel. Sebanyak 70% followers instagram @kemendespdtt menyatakan bahwa informasi yang diposting merupakan informasi yang berguna terutama bagi masyarakat yang ingin memantau dan mengikuti upaya pengembangan desa dan juga 78% followers instagram @kemendespdtt menyatakan informasi yang diposting mudah untuk dipahami, dikemas dengan konten yang menarik namun juga sangat detail.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Kebutuhan Informasi, Efektivitas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:29
Last Modified: 28 Jul 2023 02:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20407

Actions (login required)

View Item
View Item