Manajemen Media Penyiaran Dari Siaran Analog Ke Digital (Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Media Penyiaran Jogja Tv Dari Siaran Analog Ke Digital)

Kristiana, Endah (2023) Manajemen Media Penyiaran Dari Siaran Analog Ke Digital (Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Media Penyiaran Jogja Tv Dari Siaran Analog Ke Digital). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (141kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat beberapa bidang harus mengikuti perkembangan tersebut khususnya media penyiaran televisi. Hal ini selaras dengan Undang – Undang Cipta Kerja nomor 11 tahun 2020 yang menjadi dasar hukum kebijakan penyiaran digital di Indonesia dimana pemerintah wajib mengalihkan sistem siaran televisi analog ke digital atau dikenal dengan Analog Switch Off (ASO). Jogja TV merupakan salah satu televisi lokal yang baru melakukan perpindahan dari siaran analog ke digital pada 2 Desember 2022. Dalam setiap perubahan manajemen selalu mengikuti perkembangan teknologi termasuk migrasi dari siaran analog ke digital. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dikaji dengan teori manajemen teknik, program dan pemasaran yang merupakan fungsi vital di setiap media penyiaran. Hasil penelitian yang diperoleh yakni terdapat manajemen teknik perlu menyesuaikan alat sesuai standar penyiaran digital, pada manajemen program terdapat perbaikan terhadap konsep program lama dan berencana untuk mengeluarkan program baru, pada manajemen pemasaran peralihan dari analog ke digital cukup meningkatkan kepercayaan klien dalam beriklan. Ketiga manajemen tersebut menerapkan manajemen sesuai fungsi manajemen dengan baik.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Manajemen Media Penyiaran, Televisi, Siaran Analog, Siaran Digital.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:13
Last Modified: 01 Aug 2023 08:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20417

Actions (login required)

View Item
View Item