Miftahurrohmah, Vina (2024) PEMANFAATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN SUPER DAZZLE DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (186kB)
BAB I FIX.pdf
Download (403kB)
BAB V.pdf
Download (192kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (301kB)
SKRIPSI FULL_VINA MIFTAHURROHMAH_200710237.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI VINA MIFTAHURROHMAH .docx
Restricted to Repository staff only
Download (58kB) | Request a copy
Abstract
Customer Relationship Management (CRM) merupakan solusi yang tepat dalam menangani berbagai permasalahan bisnis yang berhubungan dengan relationship perusahaan baik dengan partner bisnis maupun dengan pelanggan. Penggunaan CRM saat ini telah berbasis teknologi yang secara aktif berinteraksi dengan palnggan melalui platform new media. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan CRM di usaha ritel Superdazzle dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di Superdazzle. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep 4R (Retention, Relationship, Refferals, Recovry) CRM untuk mengetahui sejauh mana penerapan CRM di Superdazzle. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya penerapan konsep 4R dalam pelaksanaan Customer Relationship Management (CRM) telah menjadi pilar utama bagi perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan di Superdazzle. Secara keseluruhan, strategi retensi yang kuat dengan fokus pada interaksi aktif, respons cepat, dan adaptasi terhadap tren pasar, membantu Superdazzle membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Integrasi CRM sebagai elemen kunci menunjukkan pendekatan holistik dalam memahami serta memenuhi kebutuhan pelanggan, menghasilkan hubungan yang tidak hanya transaksional tetapi juga emosional. Strategi rekomendasi melalui pemanfaatan karyawan sebagai agen
pemasaran dan implementasi penuh potensi referrals menciptakan lingkaran positif, memperluas basis pelanggan dan memperkuat citra positif merek. Selain itu, pendekatan terstruktur terhadap penanganan komplain dengan tingkat kepuasan yang tinggi menandakan efektivitas Superdazzle dalam pemulihan dan membangun hubungan yang lebih kuat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management, New Media, Pelanggan, Konsep 4R, Loyalitas pelanggan. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:08 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:08 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20428 |