PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN UNTUK MENGUNJUNGI SENDRATARI RAMAYANA PRAMBANAN DI PRAMBANAN

Ismiyati, Ismiyati (2016) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN UNTUK MENGUNJUNGI SENDRATARI RAMAYANA PRAMBANAN DI PRAMBANAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abstraksi.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kekayaan alam serta keindahan Indonesia merupakan modal yang luar biasa. Keberadaan objek
wisata yang tersebar, tidak lepas dari promosi untuk lebih dikenal oleh masyarakat / pengunjung. Dan
dalam pemilihan objek wisata tentunya tidak lepas dari faktor yang mempengaruhi keputusan
pengunjungnya.Sektor pariwisata merupakan salah satu prioritas pengembangannya yang
keberadaannya diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi kegiatan lainnya. Keberhasilan
suatu kegiatan pariwisata sangat ditentukan oleh tingkat kualitas pelayanan yang diberikan kepada
wisatawan dan faktor – faktor pendukungnya, hal ini akan berdampak kepada keputusan wisatawan
berkunjung kepada tempat wisata tersebut. Bauran pemasaran jasa mempunyai pengaruh dalam
menentukan suatu keberhasilan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh
dari bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan untukmengunjungi Sendratari Ramayana
Prambanan di Prambanan dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 orang
responden pengunjung Sendratari Ramayana Prambanan dengan alat analisis yang digunakan adalah
regresi linier berganda yang didalamnya terdapat uji Kuesioner ( validitas dan reliabilitas), Uji
Asumsi Klasik ( normalitas, multikolinearitas, autokorelasi dan heterokedastisitas ),Uji Regresi Linier
Berganda ,Uji Hipotesis (Uji t dan f) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil analisis regresi linier
berganda diperoleh hasil bahwa faktor yang paling mempengaruhi keputusan berkunjung adalah
promosi dengan nilai koefisien regresi 0,515. dan berpengaruh positif dan signifikan. Tempat, produk
menjadi faktor kedua dan ketiga sebesar 0,491 dan 0,346 yang mempengaruhi keputusan wisatawan
Sedangkan Harga tidak memiliki pengaruh positif dengan nilai koefisien regresi -0,114. Secara
simultan Produk,Harga,Promosi dan Tempat berpengaruh pada keputusan wisatawan dan dalam
pengujian koefisien determinasi keempat variabel diatas dapat dapat menerangkan variabel Y sebesar
52,5 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produk,Harga,Promosi,Tempat, dan Keputusan Wisatawan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:16
Last Modified: 05 Nov 2024 06:16
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20450

Actions (login required)

View Item
View Item