STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF PRAKTEK CYBER PUBLIC RELATION PADA DINAS PARIWISATA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2023

Modim, Muhammad Ramli M. (2024) STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF PRAKTEK CYBER PUBLIC RELATION PADA DINAS PARIWISATA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2023. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Muhammad Ramli M.Modim_190710087_Dr. Didik Haryadi S., S.Kom.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

Cyber PR atau Public Relation dalam ranah digital adalah sebuah konsep yang mengacu upaya perushaaan untuk membangun hubungan positif dan interaksi dengan audiens melalui media sosial. Dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten sleman adalah sebuah instansi pemerintahan yang bertugas dan mengelola peninggalan-peninggalan budaya dan mengembangkan pariwisata yang ada di kabupaten sleman. Bagaimana Praktek Cyber Public Relation pada Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif digunakan untuk mengungkapkan perilaku seseorang atau kelompok sebagaimana dan apa adanya sehingga data yang diperoleh dari observasi sehingga memperlukan waktu dilapangan, sehingga wawancara dengan anggota budaya secara mendalam, mempelajari dokumen secara detail. Penelitian ini menggunakan Batasan teori dari Bob Julius Onggo yang terdiri dari 3R, Relasi, (Relations), Reputasi (Reputations), Relevansi (Relevance). Adapun hasil penelitian ini menunjukan Praktek Cyber Public Relations melalui relations telah dilakukan oleh instansi melalui interaksi dengan pengikut media sosial dengan pembalasan komen, direct massage dan melakukan relasi dengan stakeholder. Relevansi dilakukan dengan pemberian konten menarik untuk gampang diterima dan juga mencapai target instansi dan reputasi yang dilakukan dengan memberikan konten yang menarik dan informatif untuk wisatawan atau calon wisatwan yang ingin ke sleman agar dapat meningkatkan citra instansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations, Dinas Pariwisata Sleman, Praktek
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:05
Last Modified: 08 Jan 2025 06:05
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20464

Actions (login required)

View Item
View Item