ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN ANIES BASWEDAN SEBAGAI CALON PRESIDEN PEMILU TAHUN 2024 PADA MEDIAINDONESIA.COM DAN KOMPAS.COM PERIODE FEBRUARI 2023

Pelawi, Egidia Angelica br (2024) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN ANIES BASWEDAN SEBAGAI CALON PRESIDEN PEMILU TAHUN 2024 PADA MEDIAINDONESIA.COM DAN KOMPAS.COM PERIODE FEBRUARI 2023. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
Egidia Angelica Br Pelawi_ 190710117_Dr. Didik Haryadi Santoso, S.Kom.I., M.A..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy

Abstract

MediaIndonesia.com dan Kompas.com menyajikan pemberitaan mengenai Anies Baswedan sebagai Calon Presiden pada pemilu 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedua media online terbut memberitakan dan mendeskripsikan pemberitaan mengenai Anies Baswedan sebagai calon Presiden pemilu tahun 2024 mendatang. Penelitian ini menggunakan pendekatan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan kajian teks berita pada MediaIndonesia.com dan Kompas.com dengan teknik Analisis data menggunakan analisis framing model Robert N. Entman. Berdasarkan hasil pembahasan dari Analisis framing model Robert N. Entman, keberpihakan dari MediaIndonesia.com membingkai Anies Baswedan sebagai calon Presiden yang dapat memberikan simbol perubahan bagi Indonesia berdasarkan survei- survei politik yang telah dilakukan. Sebaliknya Kompas.com membingkai pemberitaan Anies Baswedan dengan melihat sudut pandang dari partai Oposisi dari pendukung Anies Baswedan. Perbedaan kedua media tersebut dalam mengkonstruksikan sebuah pemberitaan disebabkan oleh adanya ideologi dan kepemilikan media yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Framing, Media Online, Anies Baswedan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:09
Last Modified: 24 Dec 2024 03:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20476

Actions (login required)

View Item
View Item