PEMANFAATAN INSTAGRAM @kominfodiy SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI DAN INFORMASI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Harsyid, Ahmad Ridho (2024) PEMANFAATAN INSTAGRAM @kominfodiy SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI DAN INFORMASI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
Skripsi Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Dalam memanfaatkan sosial media Instagram, Diskominfo Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai akun Instagram @kominfodiy untuk menyebarkan informasi dan media publikasinya. Didalam akun Instagram @kominfodiy menjadikan informasi, kegiatan pemerintah jogja dan media edukasi sebagai konten utama dalam Instagram @kominfodiy. Dalam penelitian ini, timbul rumusan masalah yaitu Bagaimana Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Publikasi dan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta ? Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Penelitian menggunakan teori Circullar Model Of Some dari Regina Luttrel yang menjelaskan tentang perencanaan dalam menggunakan sosial media yang menggunakan 4 tahapan yaitu share, manage, optimize dan engage. Dari data yang ditemukan, Diskominfo DIY memanfaatkan fitur Instagram sebaik mungkin dengan menyebar konten informasi dan edukasi yang berkualitas, melakukan pendekatan kepada followers dengan cara responsive dan tanggap serta memiliki transparansi kepada Masyarakat, melakukan pendekatan kepada pengikut dengan panggilan “lurr”, mengemas konten susai dengan target audience dan berkolaborasi dengan instansi lain. pemanfaatan Instagram @kominfodiy dalam media publikasi dan informasi memang sudah baik dan optimal, walaupuun masih ada kekurangan yaitu produksi onten yang terlalu banyak sehingga membuat konten kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media sosial, publikasi informasi, Diskominfo DIY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:23
Last Modified: 24 Dec 2024 03:23
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20495

Actions (login required)

View Item
View Item