PENGARUH PERSEPSI BRAND ASSOCIATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KAPAL API PADA PELANGGAN PT FASTRATA BUANA YOGYAKARTA

Lestari, Dani (2014) PENGARUH PERSEPSI BRAND ASSOCIATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KAPAL API PADA PELANGGAN PT FASTRATA BUANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI DANI 1205.2027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi brand association
terhadap keputusan pembelian kopi kapal api pada pelanggan PT fastrata buana
yogyakarta. Merek berperan sebagai persepsi yang mempengaruhi keputusan
membeli pelanggan. Nilai haruslah menjadi landasan strategi dan taktik, karena
nilai merupakan alasan mengapa konsumen menggunakan produk dan tetap setia
(loyal). Pengujian melalui tiga variabel dalam brand association yaitu dimensi
jaminan (X1), dimensi menerima perluasan merek (X2), dan dimensi kesediaan
merekomendasikan merek (X3).
Responden yang menjadi sumber informasi atau obyek penelitian ini adalah
pelanggan PT Fastrata Buana khususnya toko- toko retail dan small retail
kecamatan Banguntapan yang melakukan pembelian kopi kapal api pada PT.
Fastrata Buana Yogyakarta. Sample dalam penelitian sebanyak 105 dan bersifat
infinitif.
Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dan
beberapa observasi serta wawancara langsung dengan konsumen. Uji instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah uji validitas dengan hasil semua
indikator penelitian valid dan uji realibilitas dengan hasil semua variabel adalah
reliabel. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji t ketiga
variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kopi
kapal api. Berdasarkan hasil uji F dalam penelitian ini, ketiga variabel secara
bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
kopi kapal api. Berdasarkan analisis regresi linear berganda, dapat diketahui
bahwa diantara dimensi jamainan, dimensi menerima perluasan merek, dan
dimensi kesediaan merekomendasikan merek, variabel yang paling berpengaruh
atau dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel dimensi jaminan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: jaminan, perluasan merek, rekomendasi, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:38
Last Modified: 05 Nov 2024 07:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20501

Actions (login required)

View Item
View Item