STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSEUM KARST SEBAGAI WISATA EDUKASI DI KABUPATEN WONOGIRI

Alfahma, Ridho Dany (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSEUM KARST SEBAGAI WISATA EDUKASI DI KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of BAB  DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of BSB TIGA] Text (BSB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL RIDHO DANY - 16071046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata di Indonesia telah menampilkan peranannya dengan nyata dalam
memberikan kontribusi untuk kehidupan ekonomi, sosial dan budaya bangsa.
Pendapatan negara dari sektor pajak dan devisa makin bertambah, keadaan sosial
masyarakat yang terlibat dalam sektor ini makin baik, kebudayaan bangsa makin
memperoleh apresiasi. Kawasan wisata Museum Karst Indonesia sebagai salah satu
kawasan Geopark yang telah diakui UNESCO. Gunungsewu di Gebangharjo,
Pracimantoro, merupakan objek wisata potensial di Kabupaten Wonogiri. Penting
untuk menilai pencapaian pariwisata berkelanjutan termasuk dampak sosial,
ekonomi, dan lingkungan. Namun letak dari wisata yang cukup jauh dari pusat kota
dan wisata yang berbeda dari wisata – wisata lain yang ada di sekitaran tempat
tersebut perlu dilakukan sebuah promosi khusus dalam meningkatkan jumlah
pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi komunikasi
pemasaran wisata yang ada di kawasan wisata Museum Karst Indonesia, mengkaji
peranan pengelola dalam kegiatan pendukung wisata museum karst, dan
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan museum karst
beserta hambatan yang dihadapi oleh pengelola dalam mengembangkan museum
Karst Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti melakukan wawancara,
observasi saat berada di museum Karst Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Pengelola museum dibantu oleh beberapa pihak-pihak terkait dalam
pengembangan objek-objek wisata telah melakukan strategi komunikasi pariwisata.
Dalam hal ini membuktikan bahwa meinjaga dan meingeimbangkan peiniinggalan
seijarah tiidak seimudah yang diibayangkan, banyaknya peisaiing yang diimiiliikii
seihiingga meimaksa piihak peingeilola harus beirfiikiir leibiih kreiatiif agar dapat beirsaiing
deingan kompeitiitor laiinnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi Pariwisata, Museum Karst, Wisata Edukasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:06
Last Modified: 01 Aug 2023 04:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20502

Actions (login required)

View Item
View Item