Febila, Cindy (2024) MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA KEPADA MASYARAKAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (193kB)
BAB I.pdf
Download (283kB)
BAB V.pdf
Download (137kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (70kB)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (51kB) | Request a copy
Abstract
Dalam penelitian ini timbul masalah yakni bagaimana Manajemen Humas Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah Divisi Sekretariat seksi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan dan Divisi PIAK. Penelitian ini menggunakan teori proses manajemen public relations menurut Cutlip, Center, dan Broom. Teori ini menjelaskan proses manajemen public relations mulai dari menentukan masalah, melakukan perencanaan dan pemrograman, bertindak dan berkomunikasi, dan melakukan evaluasi. Dari proses menentukan masalah, humas dukcapil menemukan masyarakat merasa pengurusan dokumen kependudukan berbelit - belit, lama, dan terdapat masyarakat yang tidak melaporkan adminduknya. Dalam perencanaan dan pemrograman, PR melakukan rapat koordinasi internal bersama jajaran pejabat structural. Adapun program yang dibuat antara lain, Inovasi penambahan layanan pada dukcapil online, inovasi Jemput Bola, dan memperkuat layanan informasi Publik melalui media. Bertindak dan berkomunikasi yakni Dukcapil Sleman melakukan sosialisasi, bekerja sama dengan pihak internal dan eksternal, mengadakan bimbingan peningkatan SDM, memanfaatkan media online dan cetak untuk publikasi informasi. Selanjutnya melakukan evaluas melalui rapat koordinasi evaluasi dan diperoleh terjadinya peningkatan cakupan layanan, tercapai target kinerja dinas, dan meningkatnya nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations, Manajemen Public Relations, Pelayanan Prima |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 05:59 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 05:59 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20508 |