CYBER PUBLIC RELATIONS DINAS PARIWISATA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA MELALUI INSTAGRAM @visitingjogja

EFRIANY, BENEDIKTA (2024) CYBER PUBLIC RELATIONS DINAS PARIWISATA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA MELALUI INSTAGRAM @visitingjogja. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI BENEDIKTA_EFRIANY_190710076_RILA_SETYANINGSI,S.Kom.I,M.S.I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_BENEDIKTA EFRIANY_190710076.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya teknologi digital turut merubah media informasi sehingga masyarakat beralih dari media konvensional ke media sosial. Media sosial menjadi wadah untuk berkomunikasi, sehingga media sosial menjadi media yang populer untuk semua kalangan masyarakat. Popularitas media sosial turut merubah cara public relations dalam menjalankan tugasnya, sehingga public relations melakukan cara baru dalam menyampaikan informasi yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Public relation Dinas Pariwisata menggunakan media sosial Instagram @visitingjogja sebagai sarana promosi pariwisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Cyber PR dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk dapat menerima informasi secara lengkap mengenai pemanfaatan cyber public relation pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mempromosikan pariwisata melalui pemanfaatan media sosial Instagram @visitingjogja. Penelitian ini menggunakan teori 3R (Relation, dan mempertahankan strategi posting Instagram sebelum, selama, dan setelah event secara konsisten. Reputation, Relevance) menurut Bob Julius Onggo. Hasil dari penelitian ini bahwa Humas Dinas Pariwisata DIY memanfaatkan Instagram, khususnya akun @visitingjogja, untuk membangun

Jurnal Literasi Ilmu Komunikasi dan Multimedia

Pariwisata DIY memanfaatkan Instagram, khususnya akun @visitingjogja, untuk membangun relasi dan promosi pariwisata dengan konten visual menarik yang menyoroti destinasi dan acara lokal, untuk membangun reputasi positif di media sosial melalui Instagram @visitingjogja dilakukan dengan kolaborasi stakeholder, konten relevan, serta respons proaktif terhadap isu negatif., relevansi dilakukan dengan menggelar berbagai event oleh Humas Dinas Pariwisata DIY

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cyber Publik Relation, Instagram, Akun @visitingjogja
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:30
Last Modified: 24 Dec 2024 03:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20509

Actions (login required)

View Item
View Item