PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM RADIO MNC TRIJAYA YOGYAKARTA SEBAGAI ALTERNATIF NEW MEDIA PENYAMPAIAN PESAN KEPADA PENDENGAR

Ramadhan, Gilang (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM RADIO MNC TRIJAYA YOGYAKARTA SEBAGAI ALTERNATIF NEW MEDIA PENYAMPAIAN PESAN KEPADA PENDENGAR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Skripsi Gilang-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang sudah semakin pesat diiringi dengan kreatif dan
inovatif di era global telah memberikan dampak langsung kepada industri radio.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial
Instagram radio MNC Trijaya Yogyakarta sebagai alternatif new media
penyampaian pesan kepada pendengar. Jenis penelitian yang dilaksanakan oleh
peneliti yaitu kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Peneliti menerapkan studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh
fokus pada interaksi dan bagaimana kondisi yang sedang terjadi dilapangan.
Penelitian dikaji dengan model penerimaan teknologi (technology acceptance
model) atau TAM. Hasil penelitian diketahui bahwa pemanfaatan fitur feeds
dengan memberikan informasi terbaru yang sedang hangat dan viral. Konten
yang dipublikasikan minimal dua konten per harinya, konten seperti gambar dan
video dibuat secara konsisten, baik dari segi bentuk, tampilan dan desain. Namun
demikian, konten yang disajikan Instagram @mnctrijayajogja lebih banyak
menyadur ulang berita dari media lainnya dan dikemas ulang supaya tampilannya
lebih menarik. Fitur Instastory pada Instagram @mnctrijayajogja digunakan untuk
menerbitkan ulang postingan yang sudah ada sebelumnya, tidak ada konten baru
yang dibuat. Fitur reels dimanfaatkan akun Instagram @mnctrijayajogja untuk
konten video berdurasi panjang yang menyajikan informasi terkini, baik informasi
nasional maupun informasi di Yogyakarta. Namun demikian, informasi bahan
berita yang disajikan lebih banyak dari media lain yang dikemas ulang.
Femanfaatan fitur DM oleh akun Instagram @mnctrijayajogja belum dilakukan
secara maksimal, karena memang untuk berkomunikasi langsung dengan
pendengar, pengelola Instagram @mnctrijayajogja lebih banyak menggunakan
pesan Whatsapp. Fitur live dimanfaatkan dengan baik oleh pengelola Instagram
@mnctrijayajogja. Fitur live dimanfaatkan pengelola Instagram @mnctrijayajogja
untuk menyiarkan secara langsung program-program radio yang sedang onair.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Sosial, Instagram, New Media
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:49
Last Modified: 01 Aug 2023 03:49
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20520

Actions (login required)

View Item
View Item