Gaya Komunikasi Kepemimpinan Perempuan Dalam Implementasi Kebijakan Publik ( Studi Kualitatif Deskriptif Gaya Komunikasi Kepemimpinan Perempuan Wakil Bupati Wakatobi dalam Implementasi Kebijakan Publik )

Niananda, Vani (2023) Gaya Komunikasi Kepemimpinan Perempuan Dalam Implementasi Kebijakan Publik ( Studi Kualitatif Deskriptif Gaya Komunikasi Kepemimpinan Perempuan Wakil Bupati Wakatobi dalam Implementasi Kebijakan Publik ). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (37kB)

Abstract

Kepemimpinan yang baik membutuhkan kemampuan dalam berkomunikasi dengan seluruh eleman yang berkaitan dengan dipimpin agar segala tujuan organisasi dapat tercapai. Kehadiran perempuan dalam berbagai sektor publik menunjukan kelayakan perempuan untuk ikut serta andil dan bahkan pada posisi pengambilan kebijakan. Beberapa kehadiran pemimpin perempuan di Indonesia yang menduduki posisi pemimpin dan kehadiran Wakil Bupati Wakatobi perempuan pertama terpilih untuk memimpin daerah Kabupaten Wakatobi perlu dijadikan sebagai peluru dalam kemajuan keterbukaan kesempatan perempuan bergerak diruang publik. Fokus tujuan penelitian ini pada gaya komunikasi seperti apa yang diterapkan pada kepemimpinan perempuan Wakil Bupati Wakatobi ketika memimpin kabupaten Wakatobi dalam pengimplementasian kebijakan publik. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun 6 informan dipilih dengan teknik purposif sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya komunikasi kepemimpinan perempuan dalam implementasi kebijakan publik yang ada adalah komunikasi dua arah; terstruktur; terbuka dalam menerima saran; penanganan cepat.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi, Kepemimpinan Perempuan, Implementasi Kebijakan Publik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:55
Last Modified: 03 Aug 2023 03:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20541

Actions (login required)

View Item
View Item