PEMANFAATAN INSTAGRAM @beraucoal.id SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI DAN INFORMASI PT. BERAU COAL

Febriansyah, Febriansyah (2024) PEMANFAATAN INSTAGRAM @beraucoal.id SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI DAN INFORMASI PT. BERAU COAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FEBRIANSYAH_200710045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (167kB)

Abstract

Dalam memanfaatkan media sosial Instagram, PT Berau Coal memiliki Instagram (@beraucoal.id) sebagai alat publikasi dan informasi terhadap publik. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana Instagram digunakan dalam kegiatan publikasi informasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Berau Coal memanfaatkan Instagram sebagai salah satu media komunikasi yang tepat dengan publik dan pemangku kepentingan. Dengan menggunakan 4 aspek penting dalam teori The Circular Model of Same (Share, Optimize, Manage, Engage). Pada aspek Share, perusahaan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial, menjalin hubungan dengan komunitas, dan membangun kepercayaan. Aspek Optimize menunjukkan pemanfaatan fitur Instagram seperti Feeds, Reels, Story, Highlight, Caption, dan Tagar untuk menyebarkan informasi dengan lebih efisien. Aspek Manage menekankan pentingnya pengelolaan konten yang konsisten dan sesuai dengan norma-norma bahasa Indonesia. Terakhir, aspek Engage menyoroti kolaborasi dengan influencer lokal untuk meningkatkan interaksi dan menciptakan hubungan

yang lebih erat dengan masyarakat.perusahaan mampu menyebarkan informasi secara tepat dan menarik. Melalui pendekatan ini, PT Berau Coal dapat memperkuat branding perusahaan, meningkatkan keterlibatan dengan masyarakat,dan memperluas jangkauan informasi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Publikasi Informasi, PT Berau Coal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 06:16
Last Modified: 07 Jan 2025 06:16
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20551

Actions (login required)

View Item
View Item